Share

4 Fakta Menarik MSG, Ternyata Bisa untuk Pupuk

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 01 Desember 2021 05:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 01 612 2509932 4-fakta-menarik-msg-ternyata-bisa-untuk-pupuk-JVXK00F5HZ.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

BANYAK fakta menarik seputar MSG monosodium glumatat (MSG). Ternyata MSG tak hanya sebagai bumbu penyedap masakan, tapi juga menambah nutrisi di pakan ternak dan pupuk.

Mau tahu fakta selengkapnya tentang MSG? Yuk simak ulasan artikelnya berikut ini, ditulis Rabu (1/12/2021).

Bahan baku

 Msg

Tahukah Anda MSG bahan bakunya ternyata berasal dari tetes tebu, singkong, atau tapioka. "Bahan baku ini mengandung karbohidrat, proses pembuatannya fermentasi sama seperti tauco, peyeum," kata Guru Besar Keamanan & Gizi Pangan Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB Prof Ahmad Sulaeman,

Pengganti garam

Prof Ahmad menuturkan, jika Anda ingin mengonsumsi makanan bercita rasa gurih sekaligus ingin diet rendah garam, bisa menggunakan bumbu umami seperti MSG. Banyak penelitian yang dilakukan di Jepang, menunjukkan bahwa penggunaan MSG bisa menjadi strategi diet rendah garam. "Sebab, kandungan natrium dalam MSG hanya 1/3 dari kandungan natrium pada garam dapur biasa,” ujarnya.

Tambah nutrisi pakan ternak

 Msg

Para peternak pun memakai sisa proses pembuatan MSG untuk menambah nutrisi pakan ternak atau disebut Fermented Mother Liquor (FML).

Dijelaskan sebelumnya, MSG bahan bakunya berupa tetes tebu, tepung tapioka dan lain sebagainya. Jadi sangat aman dikonsumsi manusia maupun hewan ternak.

Perwakilan Ajinomoto Yudho Koesbandryo menjelaskan, FML merupakan bahan baku yang mengandung protein dan senyawa asam amino bebas tinggi. Lalu dicampurkan ke dalam pakan ternak, khususnya sapi, unggas dan ikan.

Mengandung crude protein lebih dari 20%, FML bermanfaat bagi pertumbuhan serta perkembangan budi daya ternak sekaligus ikan. Selain mempunyai kandungan utama protein, FML juga mengandung 3-5% asam amino dan mineral," ujar Yudho lewat keterangan tertulis.

Jadi pupuk

Fakta lain terungkap bahwa MSG bisa dipakai sebagai penyubur tanah atau pupuk tanaman. Hayo sudah tahu belum?

"Pupuk ini memiliki kandungan unsur hara makro dan mikro yang lengkap, sehingga mendukung pertumbuhan dan perkembangan tanaman mulai dari awal tanam hingga panen," terang Yudho.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini