Share

Persembahan 1 Dekade Minang Heritage Ria Miranda

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 02 Desember 2021 16:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 02 194 2510952 persembahan-1-dekade-minang-heritage-ria-miranda-eH3ZP5HF6w.jpg Minang Heritage Show Ria Miranda (Foto: Pradita/MPI)

TAHUN 2022 menandai 1 dekade Ria Miranda berkarya dengan koleksi rancangan khasnya kekayaan budaya Minang. Tema Minang Heritage memiliki makna dan menjadi kekuatan tersendiri bagi brand RiaMiranda.

Gelaran Jakarta Fashion Week 2012 menjadi  penampilan perdana Ria Miranda sebagai desainer modest wear dengan koleksi Minang Heritage. Kala itu, Ria Miranda menampilkan koleksi busana yang memancarkan keindahan ornamen Songket Silungkang Padang.

Ria Miranda

Hampir 10 tahun berlalu, Ria Miranda menggelar show tunggal bertajuk Memoria yang mempersembahkan koleksi bertajuk Minang Heritage untuk RiaMiranda ready to wear 2021 dan Raya collection 2022.

Baca Juga : Virtual Photoshoot di Rumah Aja, Ria Miranda Cantik Berhijab

Jika 10 tahun lalu koleksi Ria Miranda menampilkan keindahan ornament Songket Silungkang Padang, kini eksplorasinya semakin istimewa dengan teknik printing. Warna-warna pastel dan earth tone menghiasi ornament Minang dengan renggaan yang baru, sehingga motif Minang telah menjadi ciri khas lini fesyen Ria Miranda.

Ria Miranda

Baca Juga : Muffest 2020. Ria Miranda Tampilkan Outfit Hijab Kasual Tapi Tetap Stylish

Pada koleksi teranyar ini, Ria menyebutkan ia banyak menjajal hal baru. Salah satunya mengeksplor keindahan dan budaya dari daerah Tulang Bawang Barat (Tubaba), Kabupaten Lampung yang sebelumnya belum pernah ia angkat.

Ria Miranda

“Tahun ini, banyak hal baru yang dicoba lakukan. Kita perbaiki lagi dari mulai visual, branding dan proses kreatif desain. Kali ini suguhan karyaku sangat kental dengan budaya. Tak hanya koleksi dengan tema Minang, tapi juga pengalamanku dan tim bertamu ke daerah Tulang Bawang barat (Tubaba), Kabupaten Lampung,” ujar Ria Miranda, ketika ditemui dalam gelaran “RiaMiranda Annual Show 2022”, Kamis (2/12/2021) di InterContinental, Pondok Indah.

Ria menambahkan, ia memilih Tubaba sebagai benang merah tema koleksi kali ini karena ia melihat kota tersebut menyimpan kekayaan budaya yang indah. Namun belum terlalu familiar di kalangan publik. Lewat koleksi Minang Heritage 2022, ia berharap kearifan lokal Tubaba bisa dilirik oleh publik.

“Lokasi ini dipilih karena Tubaba melambangkan sebuah kota yang sedang maju berkembang, terlihat dari karya bangunan arsitekturnya sangat indah oleh Andra Matin. Dengan visi yang jauh kedepan dan mengutamakan kearifan lokal, saya rasa sangat pantas untuk mengangkat Tubaba menjadi semangat kita di tahun 2022 untuk tumbuh berkembang,” imbuhnya.

Ria Miranda

Pagelaran fashion show RiaMiranda kali ini hadir memperlihatkan 25 looks kombinasi lini koleksi daily wear dan signature. Seperti biasa, desain ala Ria Miranda adalah ciri khas dari permainan siluet loose cutting, hingga drapery dengan pilihan warna warm color pastel tone seperti terakota, baby pink, aqua blue, lavender, pink mauve, peach, coklat, dan lain-lain.

Variasi cutting yang oversized, drapery gathered, raglan sleeve cutting dan flare yang menjadi ciri khas feminine cutting rancangan desain ala Ria Miranda sebagai desainer. Sedangkan untuk detail craftsmanship, embroidery pada lini RiaMiranda Signature dihadirkan lewat motif songket Minang terbaru khusus untuk menyambut 10 tahun Minang Heritage.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini