Share

Nicholas Saputra Bagikan Tips Mengolah Ikan Supaya Enggak Amis

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 02 Desember 2021 13:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 02 298 2510830 nicholas-saputra-bagikan-tips-mengolah-ikan-supaya-enggak-amis-z1DFSdX0cI.jpg Nicholas masak (Foto: Wilda)

TERNYATA aktor tampan seperti Nicholas Saputra jago masak lho! Ya, di hadapan awak media, artis berdarah Jawa-Jerman itu mencoba menyajikan masakan nusantara. Bukan main-main, ternyata hasil masakannya itu pun sangat enak!

Selain memasak, Nicholas Saputra bahkan juga memberikan tips memasak yang bisa ditiru para mom di rumah nih! Ya, saat membuat hidangan kerapu tim saus nyonya, ia pun memberikan tips bagaimana caranya mengolah kerapu tersebut agar tidak amis.

 ikan kerapu

"Ikan kerapu adalah salah satu makanan favorit saya karena suka seafood," kata Nicholas Saputra dalam acara Miele Kitchen Takeover, Hadirkan Inspirasi Memasak Modifikasi Kuliner Nusantara dengan Sentuhan dan Citarasa Paripurna pada Kamis (2/12/2021).

Caranya, kata Nicholas, kerapu yang dibumbui menggunakan kecombrang akan membantu menghilangkan rasa amisnya. Bahan dasar yang digunakan Nicholas untuk membuat kerapu tim saus nyonya adalah kecombrang, bawang putih, bawang merah, kunyit, serta asam kandis.

"Nicho suka banget sama cita rasa kecombrang karena bisa dipakai buat makanan yang amis supaya lebih fresh," tuturnya.

Selebihnya, Nicholas juga memberikan cara memasak yang jitu supaya olahan ikan kerapu terasa lebih lezat dan tidak amis. Kuncinya, ia mencoba untuk mengukus ikannya terlebih dahulu (steam), sebelum akhirnya diberi bumbu.

"Jadi bumbunya di blender dulu, proses steam-nya terpisah sama bumbu karena kerapu akan mengeluarkan air setelah di steam," jelas Nicholas.

Teknik pengolahan yang dipisah tersebut, lanjut Nicholas, juga akan membuat tekstur dari ikan kerapu tersebut terasa lebih lembut. Setelah 15 menit ikan ditiriskan, baru kemudian dibumbui dengan saus nyonya.

"Kerapu paling enak di steam soalnya teksturnya lebih lembut dan buttery alias manis," tukas Nicholas.

 Baca juga: 7 Masakan Khas Nusantara Berbahan Ikan, Bikin Ketagihan!

Setelah makanan tersebut matang, awak media pun dipersilahkan untuk mencicipi masakan Nicholas Saputra. Benar saja, hasil masakannya tersebut sangat enak dan tidak amis!

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini