360 Juta Orang di Dunia Alami Gangguan Pendengaran, Kenali Cara Mencegahnya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 02 Desember 2021 16:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 02 481 2510922 360-juta-orang-di-dunia-alami-gangguan-pendengaran-kenali-cara-mencegahnya-uEldmRRwwx.jpg Gangguan pendengaran (Foto: Advanced hearing care)

INDERA pendengar adalah salah satu komponen penting pada tubuh manusia. Dengan pendengaran yang sehat, maka akan meningkatkan kualitas hidup dan produktivitas seseorang. Oleh sebab itu menjaga indera pendengaran tetap sehat sangat penting untuk dilakukan.

Merangkum dari laman Instagram resmi Pemprov DKI Jakarta, @dkijakarta, Kamis (2/12/2021), gangguan pendengaran akibat tuli sebagian (kurang dengar) atau tuli berat dapat menghambat komunikasi. Salah satunya adalah kesalahpahaman dengan lawan bicara.

 mendengar kebisingan

Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Februari 2017, terdapat 5 persen dari populasi dunia atau sekira 360 juta orang menderita gangguan pendengaran. Adapun faktor penyebab gangguan pendengaran, meliputi:

1. Terlalu lama mendengar kebisingan.

2. Gangguan sejak lahir.

3. Terdapat benda asing yang menghalangi telinga.

4. Proses penuaan menyebabkan degenerasi sel-sel sensorik penerima sensasi dengar.

Adapun beberapa upaya yang bisa dilakukan sejak dini untuk mencegah gangguan pendengaran, di antaranya:

1. Pada ibu hamil

Lakukan pemeriksaan teratur dan segera berobat jika demam disertai ruam merah pada tubuh. Jangan minum jamu atau obat jika tidak disarankan oleh dokter.

2. Pada balita

Usahakan untuk tidak meminum susu botol sebelum bayi berumur satu tahun untuk mengurangi infeksi saluran nafas. Selain itu agar tuba eustachius (saluran penghubung tenggorokan dengan telinga tengah) lebih terlatih dan berfungi baik.

3. Perhatikan kebersihan liang telinga.

4. Hindari makan obat sembarangan.

5. Hindari suara bising.

Baca juga: Sering Mendengar Bunyi Mendengung hingga Mendesis, Waspada Tinnitus

6. Hindari membersihkan telinga dengan benda keras.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini