Kenapa Wajib Mandi Usai Kehujanan?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 02 Desember 2021 21:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 02 612 2510884 kenapa-wajib-mandi-usai-kehujanan-CYnNf9Uo8B.jpg Hujan (Foto: Steemit)

SAAT musim hujan, masyarakat menjadi lebih rentan diserang berbagai penyakit. Salah satu yang menjadi sumber timbulnya penyakit adalah ketika tubuh terkena hujan.

Kondisi ini akan menurunkan tingkat kekebalan tubuh sehingga seseorang akan lebih mudah jatuh sakit. Namun tahukah Anda apa alasan tubuh rentan sakit saat musim hujan?

Merangkum dari laman Instagram resmi Bidang Koordinasi Relawan, @satgas.relawan, Kamis (2/12/2021), terdapat empat alasan utama mengapa tubuh rentan jatuh sakit saat musim hujan, di antaranya adalah:

1. Bakteri dan virus penyebab penyakit berkembang lebih cepat.

2. Beberapa virus penyakit cenderung hidup lebih lama pada suhu dingin.

3. Kekebalan tubuh rentan menurun karena kurangnya paparan sinar matahari.

4. Air hujan bersifat asam.

 mandi

Oleh sebab itu masyarakat sangat dianjurkan untuk membawa sejumlah perlengkapan saat bepergian di musim hujan, diantaranya adalah: payung atau jas hujan, masker cadangan, hand sanitizer, dan peralatan makan dan ibadah pribadi.

Tak lupa masyarakat juga diingatkan untuk segera mandi usai kehujanan. Sebab kuman-kuman yang mungkin ikut terbawa dan menempel dari debu serta polusi di air hujan dapat membuat tubuh meriang, flu, hingga sakit kepala.

 Baca juga: Sering Mandi karena Takut Bawa Virus Bikin Kulit Kering, Apa Kata Dokter?

Maka dari itu, mandi merupakan kegiatan yang penting dilakukan untuk membersihkan tubuh dari ancaman berbagai penyakit. Selain itu jangan lupa untuk selalu mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan selalu patuhi protokol kesehatan di musim hujan selama masa pandemi Covid-19.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini