Share

Batik Kudus Berpadu Indahnya Senja Tertuang di Koleksi Terbaru Denny Wirawan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 03 Desember 2021 08:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 03 194 2511171 batik-kudus-berpadu-indahnya-senja-tertuang-di-koleksi-terbaru-denny-wirawan-AB8paxNSw3.jpg Batik Kudus Koleksi Denny Wirawan (Foto: Sukardi/MPI)

BUSANA bersiluet feminin bermaterial jatuh nan lembut berpadu indah dengan motif batik Kudus sarat makna. Inilah inti dari 44 look yang diperlihatkan koleksi terbaru desainer Denny Wirawan di Bali Room Hotel Indonesia Kempinski bertajuk Niti Senja. 

Batik Kudus menjadi fokus utama dari setiap koleksi 'Niti Senja' ini. Denny ingin memberikan sentuhan edgy namun tetap feminin di resort collection 2021-2022 ini.

Batik Kudus

"Saya selaku desainer bekerja sama dengan pengrajin batik cap di Kudus, salah satunya Bu Ummu. Kami biarkan pengrajin batik berekspresi sesuai dengan keahliannya, tapi kami di awal tetap memberikan arahan," terang Denny usai fashion show, Kamis (2/12/2021).

Denny coba menuturkan keunikan dari koleksi Niti Senja ini. Menurutnya, poin utama dari koleksi ini adalah perpaduan antar motif batik Kudus yang diramu menjadi keindahan yang sarat makna.

Batik Kudus

"Kami coba gabungkan motif satu dengan motif lainnya. Proses kreatif berlangsung 2 tahun sampai akhirnya koleksi siap," terangnya.

Baca Juga : Padu Padan Batik Kudus untuk Hijabers

Motif batik yang tertuang di koleksi ini antara lain beres kecer, anggrek kupu, banji, kembang kopi, dan beberapa motif batik lainnya. "Jadi, kami juga coba memperhitungkan dengan sangat matematis sekali per helai kain itu berapa bagian untuk motif A berapa bagian untuk motif B," tambahnya.

Batik Kudus

Baca Juga : Mengenal Keindahan Motif Langka Batik Kudus Rancangan Denny Wirawan

Dalam proses mengkolaborasikan setiap motif batik di satu helai kain, Denny Wirawan menjelaskan bahwa dirinya berkonsultasi dengan pakar batik di Kudus terlebih dulu. Itu menjadi bentuk tanggung jawab dia sebagai desainer agar tidak asal mempergunakan motif batik yang sarat akan makna.

"Tapi, dengan mengombinasikan motif batik ini, kami ingin memberitahu bahwa batik itu bisa sangat kekinian, modern, dan edgy sekarang. Kami ingin koleksi ini tak hanya untuk orang dewasa, tetapi anak muda juga bisa dan pasarnya bukan hanya dalam negeri tetapi internasional," tambahnya.

Material yang dipergunakan dalam koleksi 'Niti Senja' ini antara lain cotton, silk, linen, dalam palette warna hitam, putih, beige, coklat, dan hijau lumut. Warna-warna tersebut pun merepresentasikan keindahan senja yang begitu memuaskan mata.

Sementara itu, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation Renitasari Adrian mengomentari pagelaran Niti Senja by Denny Wirawan ini sebagai fashion show penuh harmoni.

Batik Kudus

"Koleksi ini memadukan Batik Kudus dengan tangan handal Denny Wirawan, serta tata panggung yang apik. Protokol kesehatan juga terjaga dengan sangat baik," katanya.

Ia menambahkan bahwa apa yang dilakukan Denny Wirawan pada proses pembuatan koleksi Niti Senja ini berarti besar bagi pengrajin batik Kudus. "Ini bukan hanya soal desainer yang terus berkarya, tetapi juga ada peran para pengrajin dan pelaku ekonomi kreatif di daerah yang tetap mendukung pelestarian wastra Nudantara di tengah pandemi," tambah Renita.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini