Moderna Targetkan Segera Luncurkan Vaksin Booster untuk Lawan Omicron

Hasyim Ashari, Jurnalis · Jum'at 03 Desember 2021 13:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 03 481 2511365 moderna-targetkan-segera-luncurkan-vaksin-booster-untuk-lawan-omicron-ffqkoka7QM.jpg Varian omicron (Foto: Antara)

PRODUSEN vaksin Moderna menargetkan segera meluncurkan booster vaksin untuk melawan varian Omicron pada bulan Maret tahun 2022 mendatang. Hal tersebut karena masih menunggu keputusan dari Otorisasi Amerika Serikat.

Presiden Moderna, Stephen Hoge mengatakan, suntikan vaksin penguat yang membawa gen secara khusus menargetkan mutasi pada varian Omicron akan menjadi cara tercepat untuk mengatasi efek gejala yang ditimbulkannya.

 omicron

Lebih lanjut, Hoge menambahkan, perusahaan juga sedang mengerjakan vaksin multi-valent yang akan mencakup hingga empat varian virus corona yang berbeda termasuk Omicron. Menurutnya, itu bisa memakan waktu beberapa bulan lagi.

Sebelumnya, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat telah melakukan uji klinis tahap menengah terhadap vaksin booster Moderna untuk varian Omicron. Namun, Hoge mengatakan, prosesnya bisa memakan waktu sekitar tiga atau empat bulan.

"Penguat khusus melawan Omicron, secara realistis, tidak mungkin sebelum Maret dan mungkin lebih pada kuartal kedua. Kecuali FDA mengubah panduannya untuk data apa yang diperlukan untuk otorisasi,” kata Hoge seperti dikutip dari Channel News Asia (CNA), Jumat (3/12/2021).

“Moderna akan dapat memproduksi vaksin saat melakukan pengujian agar siap diluncurkan sesegera mungkin,” tambahnya.

 Baca juga: Kasus Pertama Terdeteksi, Covid-19 Varian Omicron Sudah Masuk Malaysia

Hoge menyampaikan, berdasarkan pola mutasi yang terlihat pada varian Omicron telah terbukti mengurangi kemanjuran vaksinnya dalam studi laboratorium. Namun, dia belum bisa memastikan seberapa besar penurunan kemanjuran vaksin terhadap varian Omicron saat ini.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini