Varian Omicron Ditemukan di 3 Negara Bagian AS

Hasyim Ashari, Jurnalis · Jum'at 03 Desember 2021 14:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 03 481 2511412 varian-omicron-ditemukan-di-3-negara-bagian-as-Owhfuwx2ac.jpg Varian omicron (Foto: DW)

TIGA negara bagian Amerika Serikat (AS) dilaporkan telah menemukan kasus varian virus corona Omicron di antaranya California, Colorado, dan Minnesota.

Menurut keterangan dari Menteri Kesehatan, pasien yang terdeteksi varian Omicron telah divaksinasi penuh dan mengalami gejala ringan.

 terkena Omicron

Pasien di Minnesota merupakan kasus penularan komunitas varian Omicron pertama yang terdeteksi di Amerika Serikat. Ditemukan pada seorang pria yang divaksinasi lengkap setelah bepergian ke New York dan menghadiri sebuah konferensi.

Diketahui, pria itu menghadiri konvensi anime di Javits Center New York City dari tanggal 19 hingga 21 November 2021. Pejabat kesehatan setempat segera ambil tindakan untuk menghubungi peserta konferensi dalam upaya untuk menahan kasus menyebar lebih luas.

"Kami mengetahui kasus varian Omicron yang diidentifikasi di Minnesota yang terkait dengan perjalanan ke sebuah konferensi di New York City, dan kami harus berasumsi ada penyebaran komunitas dari varian di kota kami," kata Walikota New York City, Bill de Blasio seperti dikutip Channel News Asia, Jumat (3/12/2021).

Sementara itu, Pejabat Kesehatan Colorado mengatakan telah menemukan kasus varian Omicron terdeteksi dari seorang wanita yang baru saja kembali dari perjalanan ke Afrika selatan.

Sedangkan, di California melaporkan kasus varian AS pertama pada seorang pelancong yang divaksinasi lengkap yang telah berada di Afrika Selatan. Varian baru pertama kali terdeteksi di Afrika selatan bulan lalu.

 Baca juga: Kasus Pertama Terdeteksi, Covid-19 Varian Omicron Sudah Masuk Malaysia

Untuk memerangi penyebaran Omicron, Presiden Joe Biden pada hari Kamis mengumumkan persyaratan pengujian baru untuk pelancong internasional dan berjanji dalam beberapa minggu mendatang bahwa orang Amerika akan memiliki akses ke pengujian Covid-19 di rumah secara gratis dan cepat.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini