Dilaksanakan Januari 2022, Menkes Pastikan Vaksin Booster di Bawah Rp300 Ribu

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 03 Desember 2021 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 03 481 2511435 dilaksanakan-januari-2022-menkes-pastikan-vaksin-booster-dibawah-rp300-ribu-c3q18xCkxM.jpg Vaksinasi Covid-19 (Foto: The new york time)

MENTERI Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves), Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa vaksinasi booster atau vaksin dosis ketiga Covid-19 akan dimulai pada Januari 2022. Hal tersebut ia sampaikan dalam sesi jumpa pers dengan wartawan.

Dalam kesempatan tersebut Luhut juga memastikan bahwa vaksinasi booster yang ada terbagi menjadi dua jenis, yang berbayar dan yang diberikan secara gratis kepada masyarakat.

 vaksinasi Covid-19

Sebelumnya dikatakan golongan masyarakat tertentu harus membayar secara mandiri agar dapat divaksinasi booster. Salah satunya adalah anggota pemerintahan seperti anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

"Sebagian berbayar bagi, tapi bagi rakyat bawah tidak bayar atau gratis kira-kira 100 juta orang. Yang lainnya bayar, saya pastinya bayar lah," kata Luhut dalam penjelasannya.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin juga memberikan estimasi besaran biaya yang vaksinasi booster yang harus dibayarkan pada Januari 2022 mendatang. Harga tersebut terbilang wajar dan masih tidak terlalu tinggi.

"Suntik berbayar alias vaksin booster paling mahal di bawah Rp300 ribu. Tapi dimulainya (diprioritaskan) dari yang umur-umur seperti Pak Luhut dulu (Lansia)," kata Menkes Budi.

Terkait dengan sasaran vaksinasi booster, Luhut mengatakan bahwa ini sifatnya wajib dan mencangkup semua masyarakat Indonesia.

 Baca juga: Indonesia Dapat 5,5 Juta Dosis Vaksin Lagi dari AstraZeneca dan Covovax

"Prioritasnya ya semua saja. Pokoknya semua masyarakat dianjurkan dan diwajibkan untuk dapat booster atau suntik ketiga. Tidak ada provinsi yang menjadi prioritas, langsung pararel semuanya," tuntasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini