Novavax Siap Bikin Vaksin Khusus Omicron Januari Mendatang

Hasyim Ashari, Jurnalis · Jum'at 03 Desember 2021 15:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 03 481 2511480 novavax-siap-bikin-vaksin-khusus-omicron-januari-mendatang-dUGpmTukqF.jpg Vaksinasi Covid-19 (Foto: USA today)

PERUSAHAAN bioteknologi asal Amerika serikat, Novavax mengatakan, pihaknya siap memulai pembuatan komersial vaksin Covid-19 yang disesuaikan untuk varian virus corona Omicron pada Januari tahun depan.

Saat ini vaksin tersebut masih dalam tahap pengujian apakah vaksinnya saat ini bekerja terhadap varian tersebut atau tidak.

 Omicron

Menurut perusahaan dalam beberapa minggu ke depan data laboratorium diharapkan akan menunjukkan apakah antibodi dari individu yang sebelumnya telah menerima suntikan Covid-19 Novavax dapat menetralkan varian omicron.

Dilansir dari Channel News Asia (CNA), Jumat (3/12/2021) Novavax juga mengatakan telah mulai mengembangkan antigen protein lonjakan spesifik Omicron dan akan memulai tes laboratorium dari vaksin baru untuk menargetkan varian dalam beberapa minggu.

Kemunculan varian Omicron yang berasal dari Afrika Selatan telah mengegerkan seluruh dunia dan menyebabkan kekhawatiran secara global dengan adanya varian virus tersebut. Sejumlah negara telah memberlakukan pengetatan kembali perjalanan ke luar negeri termasuk Jepang, Jerman, Australia, Korea Selatan, hingga Belanda.

Banyak pihak yang berspekulasi tentang apakah varian Omicron kebal dengan perlindungan yang diberikan oleh vaksin yang banyak digunakan dan memperpanjang krisis kesehatan masyarakat.

Tidak hanya Novavax saja yang membuat vaksin untuk Omicron, tetapi juga produsen vaksin lain seperti di antaranya ialah Moderna dan Pfizer juga telah mulai mengerjakan suntikan Covid-19 yang disesuaikan dengan Omicron.

Baca juga: WHO Sebut Omicron Lebih Menular, Tapi Lebih Jinak dari Varian Delta

Vaksin Covid-19 Novavax menerima persetujuan penggunaan darurat pertamanya di Indonesia pada awal November diikuti oleh Filipina.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini