Share

Sejarah Hari Disabilitas Internasional, Perjuangan Sudah Dimulai 40 Tahun Lalu

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Okezone · Jum'at 03 Desember 2021 10:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 03 612 2511263 sejarah-hari-disabilitas-internasional-perjuangan-sudah-dimulai-40-tahun-lalu-cM6iThMN5a.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

HARI Disabilitas Internasional diperingati setiap 3 Desember untuk menekankan pada rehabilitasi dan memberikan kesempatan yang sama bagi penyandang cacat. Perayaan ini terus berlangsung selama satu dekade mulai dari 1983 hingga 1993 yang diberi nama Dekade Internasional Penyandang Cacat.

Saat ini, ada sekira 1 miliar orang di seluruh dunia yang hidup dengan disabilitas. Artinya 1 dari setiap 7 orang di dunia mengalami disabilitas. Merangkum dari My Recreation, Jumat (3/12/2021), Hari Disabilitas Internasional memiliki sejarah dan cerita yang menarik di dalamnya.

Awalnya, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengeluarkan resolusi untuk memperingati hari tersebut untuk mempromosikan kesadaran disabilitas pada 1992. Pada 1981, PBB mendeklarasikan bahwa sepanjang tahun itu sebagai Tahun Penyandang Cacat Internasional.

Sebelum berakhirnya peringatan satu dekade tersebut, deklarasi dibuat yang menyatakan harus ada hari yang terus menyoroti perlunya kesadaran dan kemajuan disabilitas setiap tahun. Saat itulah, pada 1992 tepatnya 3 Desember ditetapkan sebagai Hari Penyandang Disabilitas Internasional.

Difabel

Adapun disabilitas paling sederhana didefinisikan sebagai fungsi atau kondisi apa pun yang dianggap terganggu secara signifikan. Kondisi ini termasuk seperti:

1. Penyakit kronis

2. Penyakit kejiwaan

3. Gangguan intelektual

4. Gangguan kognitif

5. Gangguan sensorik

6. Gangguan fisik.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini