Share

5 Tips Jadi Konten Kreator yang Unik & Beda!

MNC Media, Jurnalis · Jum'at 03 Desember 2021 11:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 03 612 2511279 5-tips-jadi-konten-kreator-yang-unik-beda-SsZzpDjP3O.jpg Tips Youtuber. (Foto: Youtube)

SEDERHANANYA, konten kreator merupakan orang-orang yang membuat konten untuk konsumsi massa. Konten tersebut biasanya diunggah ke media sosial seperti YouTube, TikTok, atau Instagram.

Dengan pesatnya perkembangan teknologi, makin banyak bermuncul sosial media baru dan juga konten kreator baru. Ditambah lagi tawaran penghasilan yang cukup menggiurkan juga membuat banyak orang berbondong-bondong ingin menjadi konten kreator.

Penghasilan tersebut didapatkan dari berbagai macam sumber seperti kolaborasi dengan sebuah brand atau insentif yang diberikan oleh platform yang membesarkan nama mereka.

Karena semakin banyak pesaing, seorang konten kreator tentu perlu menentukan daya tariknya sendiri supaya dapat menarik perhatian. Berikut 5 kunci sukses menjadi konten kreator yang beda dan unik!

Buat konten yang sesuai dengan minat dan passion

Hal pertama yang harus dipersiapkan konten kreator adalah menentukan konten apa yang ingin dibuat. Hasil konten tentu akan jadi lebih baik jika kamu menuangkan minat dan passion yang kamu miliki. Kalau jago bermain game, kamu bisa coba konten dengan kategori gaming, jika hobi main musik, kamu bisa coba bikin konten yang menunjukkan bakatmu.

Contoh konten kreator yang sukses menuangkan minat dan passion ke dalam konten yaitu Syarif Yose (@syarif.yosee) yang kerap menampilkan keahliannya bermain sepatu roda. Ada juga Phoebe Mulyana (@phoebe.mulyana) yang seringkali menunjukkan bakat menarinya.

Youtuber

Bangun persona

Persona merupakan karakter atau ciri khas dari konten kreator yang ingin ditonjolkan kepada penonton atau followers. Hal ini dapat berupa gaya unik pembawaan seseorang, agar penonton dapat membedakan satu konten kreator dengan yang lainnya.

Hal ini dilakukan oleh konten kreator Fahira Mira (@fahiramira) dan Vinny Laurencia (@kulinersamacici) yang selalu menggunakan suara dengan nada yang tinggi dan bersemangat. Konten kreator Bella (@vabell.a) juga memiliki pose khas yaitu menaikkan satu tangan pada awal videonya.

Konsisten

Salah satu kunci menjadi konten kreator sukses yaitu konsistensi. Untuk memproduksi dan menampilkan sebuah konten kepada publik secara terus menerus tentu tidak mudah bagi seorang konten kreator. Kamu bisa membuat jadwal yang rapi dan teratur ketika membuat konten.

Berikut konten kreator yang rajin dan secara konsisten menampilkan karya baru di media sosial; Savira Malik (@saviramalik), Den Amar (@denmadura), Rivaldi Putra (@rivaldi.putra20), dan masih banyak lagi.

Berani tampil beda

Berani tampil beda dan menjadi diri sendiri merupakan hal yang sangat penting untuk menjadi konten kreator. Dengan karya yang beda dan original, kamu punya nilai tambah tersendiri, lho.

Salah satu contohnya yaitu konten kreator Trisha Zia (@trishaaazia) yang seringkali tampil dengan filter-filter video unik yang membuat penonton terhibur. Selain itu, ada Auzura Qrzura (@qrzura) yang sempat menggunakan handuk sebagai penutup kepala di beberapa konten, hal tersebut tentu membuat penonton mengingatnya.

Peka terhadap tren

Sebagai konten kreator, kamu harus peka terhadap perkembangan tren. Kamu bisa ikut membahas hal yang sedang hangat diperbincangkan. Namun, semua itu juga harus sesuai dengan passion kamu dalam membuat konten.

Konten kreator yang selalu up to date dalam urusan tren yaitu Adi Syahreza (@adi.syahreza), YoskiYoshi (@yoskiyoshi), Moh Faruk (@faruk_pc), Angga Jupito (@anggajupito), dan masih banyak lagi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini