Daftar 10 Ular Termahal di Dunia, Ada yang Harganya Setengah Miliar Lebih!

Calista Angelina, Jurnalis · Senin 06 Desember 2021 03:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 03 612 2511600 daftar-10-ular-termahal-di-dunia-ada-yang-harganya-setengah-miliar-lebih-BXRyXCOOQV.jpg Ular Termahal. (Foto: The Richest)

REPTIL mungkin menjadi salah satu binatang yang tengah menjadi peliharaan favorit di masa pandemi. Banyak orang mulai memelihara reptil seperti kura-kura, kadal bahkan ular.

Meskipun tergolong menakutkan bagi banyak orang, tapi ular memiliki pesonanya tersendiri sebagai hewan peliharaan. Hewan eksotis ini semakin diminati bahkan harga jualnya pun terbilang fantastis.

Nah, dilansir dari The Richest, berikut 10 jenis ular peliharaan dan harganya bernilai fantastis.

Black-Headed Python

Ular Mahal

Kepalanya berwarna hitam pekat sementara bagian tubuh lainnya bervariasi warna dari krem hingga coklat. Beberapa ada juga yang memiliki sisik warna merah muda. Sebagian besar, ular jenis ini jinak. Mereka biasanya memakan reptil lain atau ular lain dan terkadang mamalia.

Ular berkepala hitam ini berasal dari Australia, termasuk langka dan jarang ditemukan. Harganya berkisar antara USD900 dan USD1.000 atau Rp13 juta - Rp14,3 juta jika Anda cukup beruntung untuk menemukan dan menjualnya.

Angolan Python

Ular Mahal

Ular Angola mirip dengan piton bola tetapi Angola lebih aktif. Ular yang indah dan langka ini berasal dari Afrika Selatan. Aman untuk dipelihara karena tidak berbisa. Harga ular langka ini adalah USD1.000 atau Rp13 juta.

Panjangnya bisa mencapai enam kaki dan berwarna coklat kemerahan. Meskipun tidak semahal ular lain dalam daftar ini, harganya masih bisa beberapa ratus dolar, terkadang bahkan lebih dari Rp13 juta.

 

Boelen’s Python

Ular Mahal

Sangat sulit untuk merawat ular Boelen karena mereka tidak dilahirkan di penangkaran melainkan berasal dari pegunungan New Guinea yang sangat langka. Ular ini sangat berharga bagi kolektor ular. Harga jual hingga USD3.500 atau Rp50 juta terkadang lebih.

Sebagian besar, jenis ular ini pemalu dan tidak akan menggigit kecuali jika mereka terkejut atau terancam. Sifat jinaknya ini juga tidak boleh dianggap remeh karena ular ini tetap mampu menyebabkan cedera serius.

Palmetto Corn

Ular Mahal

Ular Palmetto Corn atau ular jagung adalah hewan peliharaan yang cocok bagi pemula yang cinta ular. Cukup jinak dan mencapai status dewasa dalam dua atau tiga tahun setelah dipelihara.

Palmetto adalah ular yang paling langka karena kurang pigmen. Oleh karena itu, sebagian besar berwarna putih dengan bintik-bintik merah dan hitam acak yang tersebar di seluruh tubuh. Karena kelangkaannya, harganya bisa mencapai USD4.000 atau Rp57 juta.

Striped Ball Python

Ular Mahal

Piton ini adalah salah satu ular paling langka di dunia. Bob Clark, salah satu peternak ular terkenal karena berhasil memelihara ular ini. Selain itu, ular ini sifatnya relatif lembut. Uniknya lagi, pengembangbiakannya yang khusus. Ular berciri khas dari garis kuning tebal yang membentang di sepanjang tubuhnya biasa dihargai berkisar antara USD5.000 atau Rp71 juta.

Monsoon Ball Python

Ular Mahal

Mereka sangat cantik dan seekor ular betina bisa bernilai hingga USD15.000 atau Rp215 juta. Sedangkan, ular jangan cenderung bernilai lebih murah, namun tetap sekitar ribuan dolar. Ular jenis ini pertama kali berhasil dikembangbiakkan pada tahun 2015. Daya tarik dari warna kulitnya yang belang-belang dan warna campurannya membuat ular satu ini digemari pencinta reptil.

Leucistic Ball Python

Ular Mahal

Banyaknya variasi ular piton, mutasi genetik, spesies yang berbeda membuat ular piton menjadi solusi tepat untuk dijadikan hewan peliharaan. Dikenal dengan warna putih pucatnya yang khas.

Perlu diketahui bahwa ular Leucistic tidak sama dengan albino. Warna matanya tidak merah seperti pada ular albino. Satu ekor Leucistic Python adalah USD15.000 atau Rp215 juta.

Sunset Ball Python

Ular Mahal

Hewan peliharaan satu ini juga cukup populer. Piton ini dikenal dengan warna sienna yang seolah terbakar. Ular jenis ini terkenal setelah dibiakkan oleh Brian Barczyk dari BHB Reptiles. Warnanya yang luar biasa, membuat nilai jualnya tinggi yaitu USD25.000 atau Rp358 juta di berbagai pasar ular.

Reticulated Python

Ular Mahal

Ular ini bukan hewan peliharaan khas yang biasa dipelihara pencinta ular. Berbeda dari ular lainnya di atas, ulr ini cukup mematikan bagi manusia. Kasus ekstrem yang dilaporkan, ular piton ini pernah menelan manusia utuh.

Bob Clark, seorang peternak ular mahal yang terkenal tercatat memelihara setidaknya dua ular ini. Salah satu ularnya ia jual ke kebun binatang seharga USD50.000 atau Rp717 juta.Dan yang satunya lagi ia simpan, ular itu ia beli senilai USD25.000 atau 358 juta.Ular ini memenangkan Guinness World Record sebagai ular terpanjang di dunia.

Lavender Albino Ball Python

Ular Mahal

Berbicara soal ular langka daritadi, akhirnya tiba juga di daftar terakhir yang paling langka di dunia, Lavender Albino. Ular ini albino (kurang pigmen) tetapi memiliki warna cantik lavender, emas, dan mata merah cerah.

Perawatannya cukup mudah, sama seperti ular piton lainnya. Mereka hanya perlu diberi makan sekali atau dua kali seminggu. Jika Anda ingin mencoba membeli ular langka ini, Anda harus membayar USD40.000 atau Rp573 juta.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini