5 Cara Alami Atasi Kolesterol Tinggi, Mudah Banget Lho

Kevi Laras, Jurnalis · Sabtu 04 Desember 2021 07:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 04 481 2511716 5-cara-alami-atasi-kolesterol-tinggi-mudah-banget-lho-mybgrPuKLt.jpg Ilustrasi cek kolesterol tinggi di dalam tubuh. (Foto: Shutterstock)

DILAPORKAN banyak orang mengalami kolesterol tinggi. Ini bisa disebabkan banyak hal, salah satunya pola hidup tidak sehat. Mengonsumsi makanan mengandung minyak atau lemak jenuh juga bisa jadi faktor penyebab meningkatnya kadar kolesterol di dalam tubuh.

Perlu diketahui bahwa kolesterol terbagi menjadi dua yaitu kolesterol baik atau biasa disebut High Density Lipoprotein (HDL) dan kolesterol jahat alias Low Density Lipoprotein (LDL).

Lantas, apakah kolesterol jahat yang tinggi di dalam tubuh dapat diatasi? Jawabannya bisa saja. Ini bisa dilakukan dengan menghindari pemicu-pemicunya. Berikut cara menurunkan kadar kolesterol, sebagaimana dihimpun dari laman WebMD dan Mayoclinic, Sabtu (4/12/2021):

Baca juga: Kena Kolesterol Tinggi, Simak Tanda-tandanya! 

Ilustrasi asupan sehat yang bisa mengatasi kolesterol tinggi. (Foto: Shutterstock)

1. Konsumsi protein

Penderita kolesterol tinggi bisa mengonsumsi protein dari produk susu. Bisa juga meminumnya sebagai suplemen, biasanya dalam bentuk bubuk yang dapat ditambahkan ke minuman atau makanan ringan. Studi menunjukkan bahwa suplemen protein whey dapat menurunkan LDL dan kolesterol total.

2. Konsumsi bawang putih

Beberapa studi menyebutkan bahwa mengonsumsi bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol, tapi hanya dalam jangka pendek. Sebaliknya, jangan mengonsumsi bawang putih menjelang operasi. Sebab, bawang putih dapat memperpanjang waktu pendarahan dan pembekuan darah.

Baca juga: Penyebab Kolesterol Tinggi pada Wanita yang Sering Diabaikan 

3. Makan makanan asam lemak omega-3

Makan makanan yang kaya asam lemak omega-3 juga dapat membantu mengurangi penyakit jantung dan menurunkan trigliserida. Usahakan setidaknya dua porsi ikan berlemak seperti salmon, mackerel, herring, tuna, dan sarden per minggu. Beberapa makanan lain dengan asam lemak omega-3 adalah biji rami dan kenari. Sumber suplemen termasuk kapsul minyak ikan, biji rami, dan minyak biji rami.

4. Olahraga dan diet

Dengan melakukan diet sehat dan olahraga dapat membantu menjaga kolesterol tetap terkendali. Jika memiliki masalah kesehatan, tanyakan kepada dokter apakah olahraga tepat untuk Anda.

Jika diet dan olahraga teratur tidak cukup membantu mengurangi kolesterol, bicarakan dengan dokter tentang penggunaan obat penurun kolesterol.

Baca juga: Waspadalah! Kolesterol Tinggi Bisa Sebabkan Disfungsi Ereksi 

5. Konsumsi kedelai

Mengonsumsi kedelai atau protein kedelai untuk protein telah terbukti mencegah penyakit jantung koroner dengan menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida. Protein kedelai ada pada tahu, tempe, susu kedelai, yogurt kedelai, edamame, kacang kedelai, dan masih banyak makanan lain yang berbahan dasar kedelai.

Baca juga: Selain Leher Kaku, Waspadai 3 Gejala Kolesterol Tinggi Ini 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini