6 Faktor Penyebab Kolesterol Tinggi, Salah Satunya Merokok

Kevi Laras, Jurnalis · Sabtu 04 Desember 2021 17:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 04 481 2511722 6-faktor-penyebab-kolesterol-tinggi-salah-satunya-merokok-MZh3cQluo7.jpg Ilustrasi merokok salah satu penyebab kolesterol tinggi. (Foto: Shutterstock)

KOLESTEROL tinggi di dalam tubuh adalah salah satu gangguan kesehatan yang dilaporkan dialami banyak orang. Ini harus segera diatasi agar tidak menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

Sebagaimana diketahui, kolesterol ada dua jenis yakni kolesterol baik atau High Density Lipoprotein (HDL) serta kolesterol jahat alias Low Density Lipoprotein (LDL).

Baca juga: 5 Cara Alami Atasi Kolesterol Tinggi, Mudah Banget Lho 

Penyebab tingginya kolesterol di dalam tubuh bisa disebabkan banyak faktor, salah satunya pola hidup tidak sehat seperti mengonsumsi makanan mengandung minyak atau lemak jenuh.

Selain itu, masih banyak faktor peningkat kolesterol tinggi di dalam tubuh. Apa saja? Berikut 6 di antaranya, sebagaimana dirangkum dari laman WebMD dan Mayoclinic, Sabtu (4/12/2021).

Ilustrasi kolesterol tinggi. (Foto: Shutterstock)

1. Kegemukan

Memiliki indeks massa tubuh (BMI) 30 atau lebih besar menempatkan Anda pada risiko kolesterol tinggi. Maka itu, mulai sekarang harus menjaga berat tubuh ideal agar tidak kegemukan.

Baca juga: Kena Kolesterol Tinggi, Simak Tanda-tandanya! 

2. Diet yang buruk

Bagi Anda yang hobi makan lemak jenuh atau lemak trans, perlu diperhatikan bahwa makanan tersebut dapat menyebabkan kadar kolesterol yang tidak sehat. Lemak jenuh ditemukan dalam potongan daging berlemak dan produk susu penuh lemak. Lemak trans sering ditemukan dalam makanan ringan kemasan atau makanan penutup.

3. Merokok

Bagi Anda yang masih merokok, perlu diketahui bahwa kebiasaan ini dapat menurunkan kadar HDL tubuh. Maka itu, segera jauhi rokok yang memiliki banyak keburukan untuk kesehatan.

Baca juga: Penyebab Kolesterol Tinggi pada Wanita, Sering Diabaikan 

4. Kurang olahraga

Olahraga membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik) di dalam tubuh Anda, jadi jangan sampai melewatkannya.

Baca juga: Selain Leher Kaku, Waspadai 3 Gejala Kolesterol Tinggi Ini 

5. Usia

Faktor usia tidak lagi jaminan, bahkan anak-anak kecil dapat memiliki kolesterol tidak sehat, tetapi lebih sering terjadi pada orang di atas umuar 40 tahun. Seiring bertambahnya usia, hati Anda menjadi kurang mampu menghilangkan kolesterol LDL.

6. Alkohol

Mengonsumsi terlalu banyak alkohol dapat meningkatkan kadar kolesterol total. Oleh karena itu, segera hindari.

Baca juga: Bukan di Ujung Jari, Begini Cara Periksa Kolesterol yang Akurat 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini