Dokter Tirta: Keseleo Jangan Dipijat, Lakukan RICE

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 04 Desember 2021 11:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 04 481 2511786 dokter-tirta-keseleo-jangan-dipijat-lakukan-rice-KJHSZ6Svhk.jpg Dokter Tirta Mandira Hudhi. (Foto: YouTube Tirta PengPengPeng)

TIRTA Mandira Hudhi atau akrab disapa dr Tirta merupakan dokter muda yang kini banyak dikenal masyarakat Indonesia melalui edukasinya mengenai virus corona. Dokter Tirta seringkali membuat konten edukasi kesehatan di media sosial, di antaranya melalui YouTube.

Selain dikenal sebagai seorang praktisi kesehatan, dr Tirta merupakan pengusaha bisnis cuci sepatu yang telah melebarkan sayapnya ke berbagai kota di Indonesia. Pertama kali didirikan di Yogyakarta, dr Tirta mulai merintis usahanya pada saat menjalani pendidikan kedokteran di Universitas Gadjah Mada.

Kembali dengan konten informatif yang mengedukasi penonton, kali ini dr Tirta membuat video khusus untuk membahas keseleo. Keseleo, terkilir, sprain, atau strain merupakan cedera yang terjadi pada ligamen, otot, atau jaringan ikat yang menghubungkan otot dan tulang (tendon). Gejalanya yaitu nyeri hebat dan bengkak.

Dokter Tirta Mandira Hudhi. (Foto: YouTube Tirta PengPengPeng)

Dokter Tirta tidak menyarankan pemijatan untuk mengatasi keseleo. "Pijat untuk cedera akut kayak gini akan membuat parah peradangan ligamen, kalau selama 3 hari enggak sembuh berarti harus dibebat," ujar dr Tirta dikutip dari unggahan YouTube channel Tirta PengPengPeng.

Pemijatan baru direkomendasikan ketika cedera sudah di tahap recovery atau pemulihan kembali. Pemijatan yang dilakukan pun untuk melancarkan aliran darah. Dokter Tirta juga menyebutkan istilah RICE yatu singkatan dari rest, ice, compression, dan elevasi; metode pengobatan untuk cedera akut, khususnya cedera jaringan lunak.

Bagi yang penasaran dengan penjelasan lebih lanjut, yuk intip video lengkapnya hanya di YouTube channel Tirta PengPengPeng.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini