Share

Yuk Minum Air Putih Setiap Pagi saat Perut Masih Kosong, Ini 5 Manfaatnya

Hasyim Ashari, Jurnalis · Sabtu 04 Desember 2021 18:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 04 481 2511852 yuk-minum-air-putih-setiap-pagi-saat-perut-masih-kosong-ini-5-manfaatnya-uJoMv8MU2m.jpg Ilustrasi manfaat minum air putih pada pagi hari saat perut masih kosong. (Foto: Shutterstock)

SIAPA sangka, minum air putih ternyata memberikan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Apalagi jika meminumnya pada pagi hari saat baru bangun tidur. Minum air putih ketika perut kosong di pagi hari ternyata memiliki manfaat besar untuk kesehatan.

Ketika baru bangun tidur dan perut masih dalam keadaan kosong, memang tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan atau minuman pertama yang masuk ke tubuh. Sangat disarankan minum air putih di pagi hari.

Nah, berikut lima manfaat yang bisa didapat dengan kebiasaan minum air putih saat perut masih kosong, sebagaimana dihimpun dari laman Stylcraze, Sabtu (4/12/2021).

Baca juga: Pria Antivaksin Ini Nekat Disuntik Pakai Lengan Palsu demi Dapat Sertifikat 

1. Membantu menurunkan berat badan

Minum lebih banyak air saat diet dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat karena air tidak memiliki kalori sama sekali, dan meminumnya secara berkala akan membantu menjaga perut tetap kenyang. Selain itu, minum banyak air membantu mempercepat metabolisme dan membantu membakar kalori lebih cepat.

Air putih.

2. Mencegah serangan migrain

Salah satu alasan utama orang sering menderita sakit kepala dan serangan migrain adalah karena kekurangan air dalam tubuh. Dehidrasi adalah akar penyebab sakit kepala, dan minum air putih secara berkala, terutama saat perut kosong, dapat membantu menghilangkan sakit kepala secara alami. Tidak hanya itu, minum air yang cukup juga membantu mencegah masalah mulut atau gigi.

Baca juga: Cegah Varian Omicron, Dokter Tekankan Pentingnya Karantina dan Prokes Ketat 

3. Meningkatkan imunitas

Fakta bahwa air putih sangat penting untuk kesehatan dan kebugaran secara keseluruhan. Hal yang juga perlu diketahui adalah air diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Membiasakan minum air putih secara teratur saat perut kosong terbukti bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh. Ini dapat membantu melawan infeksi.

4. Mempercepat metabolisme

Jika sedang diet, minum air putih ketika perut kosong dapat meningkatkan diet karena membantu meningkatkan tingkat metabolisme hingga 25 persen. Mempercepat metabolisme membantu pencernaan makanan lebih cepat, dan ini membantu menurunkan berat badan dalam jangka panjang. Itu selalu lebih disukai untuk minum setidaknya empat liter air per hari untuk hasil terbaik.

Baca juga: Cegah Persebaran Varian Omicron, WHO: Percepat Vaksinasi Dosis Lengkap 

5. Kulit jadi bersih dan bercahaya

Minum banyak air adalah cara termudah untuk mendapatkan kulit yang bersih dan bercahaya. Noda atau flek hitam biasanya disebabkan karena penumpukan racun di dalam tubuh.

Air dapat membantu menghilangkan racun yang tidak diinginkan ini dari tubuh. Buang air besar secara teratur juga membantu dalam mencapai kulit yang bersih dan jernih. Minum air putih saat perut kosong dapat membantu mempercepat prosesnya.

Baca juga: Lezatnya Nasi Campur Sinamin Khas Karangasem, Sudah Ada sejak Zaman Jepang 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini