Share

Ini Pentingnya Milenial Asah Soft Skill di Era Modern

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Sabtu 04 Desember 2021 09:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 04 612 2511740 ini-pentingnya-milenial-asah-soft-skill-di-era-modern-m4jDYiBzRL.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

SOFT skill menjadi bekal penting bagi para mahasiswa untuk menghadapi tantangan di kehidupan sehari-hari. Salah satunya yakni tentang kewirausahaan.

Dikutip Timesofindia, seseorang harus belajar soft skill untuk menambah kemampuan pribadi. Soft skill bukan hanya tentang memenuhi persyaratan dan pendidikan yang diperlukan untuk melakukan suatu pekerjaan.

Lalu kenapa sih seseorang perlu belajar soft skill?  Manusia adalah mahluk sosial dan jaringan mengarah pada persahabatan, pernikahan, dan pekerjaan baru. Jadi, Anda perlu keluar dan membangun jaringan dengan orang-orang.

Dengan membangun jaringan, hidup akan terasa lebih baik. Ini membantu Anda membentuk kontak baru dan mengenal orang yang tidak dikenal yang dibutuhkan.

 milenial

Di samping itu, Direktur Kemahasiswaan, Karakter dan Alumni Universitas Prasetiya Mulya Dr Rudy Handoko mengatakan, soft skill dibutuhkan seseorang guna bertahan dan di ketatnya persaingan berbagai bidang dalam kehidupan sehari-sehari. Mahasiswa pun harus mengasah soft skill ini.

"Mengasah soft skill ini juga mendorong mahasiswa mengikuti berbagai kompetisi yang mampu menguji dan memberikan validasi atas ide dan inovasi mereka,” terang Dr Rudy lewat keterangan pers.

Baca Juga: Tak Cuma Kemampuan Teknis, Pengelolaan Diri juga Butuh Dikembangkan

 

Di zaman sekarang, hampir semua dunia kerja mengandalkan soft skill seseorang. Bahkan saat seseorang sudah mahir tentang ini, alih-alih bisa jadi pengusaha muda.

mahasiswa tak hanya mampu mengikuti kompetisi kewirausahaan namun ketika lulus, value ini diharapkan juga bisa membantu mereka dalam membangun usaha maupun berkarier sebagai tenaga profesional,” tambah Wakil Rektor 1 Bidang Pembelajaran Universitas Prasetiya Mulya Prof Agus W Soehadi.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini