Share

Pria Antivaksin Ini Nekat Disuntik Pakai Lengan Palsu demi Dapat Sertifikat

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 04 Desember 2021 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 04 612 2511837 pria-antivaksin-ini-nekat-disuntik-pakai-lengan-palsu-demi-dapat-sertifikat-V7FTbsiYOO.jpg Ilustrasi pria antivaksin nekat disuntik pakai lengan palsu demi mendapatkan sertifikat. (Foto: Freepik)

HEBOH aksi seorang pria antivaksin menggunakan lengan palsu saat disuntik vaksin covid-19. Hal ini dilakukan supaya bisa mendapat sertifikat vaksin saat pembatasan diperketat.

Pria antivaksin yang belum diketahui identitasnya itu diketahui berusia 50 tahun. Dia menggunakan lengan silikon untuk divaksin di Biella, Piedmont, Italia Utara. Petugas kesehatan langsung curiga setelah menyentuh lengan silikon dan meminta pria tersebut melepas bajunya.

Baca juga: Lezatnya Nasi Campur Sinamin Khas Karangasem, Sudah Ada sejak Zaman Jepang 

Ilustrasi vaksin covid-19.

Dikutip dari laman Mirror, Sabtu (4/12/2021), ketika petugas mengetahui itu adalah lengan palsu, pria tersebut memohon kepada untuk menutup mata dan tidak melapor kepada media setempat. Namun tampaknya permintaannya itu sia-sia.

Pria tersebut dilaporkan ke otoritas kesehatan. Dia pun berpotensi menghadapi tuntutan. Sebelum mengungkap lengan palsunya, pria itu telah diwawancarai tentang kesehatannya dan menandatangani formulir persetujuan di depan dokter.

Baca juga: Cegah Persebaran Varian Omicron, WHO: Percepat Vaksinasi Dosis Lengkap 

Diketahui pria tersebut berusaha mendapatkan sertifikat vaksin karena Italia memperketat pembatasan bagi orang yang tidak divaksinasi karena kasus covid-19 terus meningkat di Eropa.

"Kasus ini tidak dapat diterima di tengah menghadapi pandemi ini hingga membuat seluruh masyarakat membayar," kata Presiden Regional Piedmont Italia Alberto Cirio.

Lebih lanjut ia menambahkan bahwa pria itu sekarang harus bertanggung jawab atas perbuatannya karena tidak ingin menerima suntikan. Cirio juga berterima kasih kepada petugas kesehatan yang terlibat dalam vaksinasi di negara bagian tersebut dan telah melaporkan penipuan itu.

Sekadar diketahui, mulai 6 Desember 2021, Italian Green Pass akan mulai berlaku dan hanya dapat diperoleh oleh masyarakat yang divaksinasi atau baru saja terinfeksi virus.

Baca juga: Cegah Varian Omicron, Dokter Tekankan Pentingnya Karantina dan Prokes Ketat 

Mereka yang tidak divaksinasi tidak akan lagi diizinkan pergi beberapa ruang publik seperti bar, restoran, teater, bioskop, klub, acara olahraga, dan pusat kebugaran.

Aturan baru akan mengharuskan setiap orang untuk menunjukkan bukti vaksinasi atau surat pemulihan dari covid-19.

Baca juga: 5 Cara Alami Atasi Kolesterol Tinggi, Mudah Banget Lho 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini