Gunung Semeru Meletus, Lakukan 4 Langkah Penting Ini ketika Evakuasi Diri

Wilda Fajriah, Jurnalis · Sabtu 04 Desember 2021 18:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 04 612 2511933 gunung-semeru-meletus-lakukan-4-langkah-penting-ini-ketika-evakuasi-diri-U2RJ2WfSHe.jpg Ilustrasi evakuasi diri dari erupsi Gunung Semeru. (Foto: Dok Okezone)

GUNUNG Semeru yang berada di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, meletus pada Sabtu 4 Desember 2021 sekira pukul 15.00 WIB. Letusan gunung dengan ketinggian 3.676 MDPL tersebut disertai awan panas dan hujan abu vulkanis yang cukup tebal.

Meletusnya Gunung Semeru juga membuat dua kecamatan di Kabupaten Lumajang menjadi gelap gulita. Padahal kala itu waktu masih menunjukkan pukul 16.00 WIB.

Di sisi lain sebagai warga, hal-hal apa saja yang sebaiknya dilakukan saat menghadapi bencana alam seperti gunung meletus ini? Sebagaimana dikutip dari laman Siaga Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sabtu (4/12/2021), berikut panduannya.

Baca juga: Foto-foto Dahsyatnya Letusan Gunung Semeru 


1. Siapkan masker dan kacamata

Setelah gunung mengalami erupsi, abu otomatis berhamburan, dan udara menjadi tercemar. Maka itu, gunakan kacamata supaya penglihatan tidak terganggu, serta pakai masker agar terhindar dari cemaran udara langsung.

Baca juga: Gunung Semeru Meletus, Lumajang Gelap Gulita karena Abu Vulkanis yang Pekat 

2. Perbarui informasi

Perhatikan arahan dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). Kemudian simak aktivitas informasi perkembangan gunung api dari situs-situs resmi.

3. Mengetahui jalur evakuasi

Dengan memperbarui informasi tentang erupsi gunung, warga akan mengetahui skenario jalur evakuasi dan pos-pos pengamanan yang telah disiapkan oleh petugas berwenang.

Baca juga: Gunung Semeru Meletus, Cek Daftar Letusan Dahsyatnya Sejak 200 Tahun Lalu 

4. Siapkan dukungan logistik

Kebutuhan logistik seperti makanan siap saji, lampu senter, baterai cadangan, uang tunai, serta obat-obatan yang cukup akan membantu Anda untuk dapat selalu beraktivitas di tengah situasi darurat ini.

Kemudian ada beberapa kiat-kiat lain yang harus dilakukan di tengah situasi darurat. Seperti tidak berada di lokasi yang telah direkomendasikan oleh pihak berwenang untuk dikosongkan. Tidak berada di lembah atau daerah aliran sungai, hindari tempat terbuka, jangan memakai lensa kontak. Lalu mengenakan pakaian tertutup yang melindungi tubuh seperti baju lengan panjang, celana panjang, dan topi.

Baca juga: Tepat Setahun Lalu, Semeru Ternyata Pernah Meletus! 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini