Share

Gunung Semeru Meletus, Ini Barang Penting yang Mesti Dibawa ketika Mengungsi

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 04 Desember 2021 19:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 04 612 2511955 gunung-semeru-meletus-ini-barang-penting-yang-mesti-dibawa-ketika-mengungsi-10z7cZePn9.jpg Warga mengungsi akibat Gunung Semeru meletus. (Foto: Instagram)

GUNUNG Semeru meletus pada Sabtu 4 Desember 2021 sekira pukul 15.00 WIB. Gunung berapi dengan ketinggian 3.676 MDPL yang berada di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, menyemburkan awan panas serta hujan abu vulkanis.

Letusan Gunung Semeru pun membuat dua kecamatan di Kabupaten Lumajang menjadi gelap gulita. Padahal ketika itu jam masih menunjukkan pukul 16.00 WIB.

Baca juga: Gunung Semeru Meletus, Awas Bahaya Abu Vulkanis Terkena Tubuh 

Akibat letusan tersebut, warga di sekitar Gunung Semeru panik berlarian. Mereka berusaha menyelamatkan diri dan keluarga. Warga langsung mengungsi ke tempat yang aman dengan membawa kendaraan atau harta benda lainnya yang masih bisa dibawa.

Di sisi lain, bagi warga yang mengungsi, ada barang-barang yang wajib dibawa demi keselamatan diri. Nah, apa saja yang harus dibawa di dalam tas darurat untuk siaga bencana tersebut?

Disitat dari laman Readygoverment, pertama membawa tas darurat yang berisi sejumlah perlengkapan utama dan penting.

Baca juga: Gunung Semeru Meletus, Lakukan 4 Langkah Penting Ini ketika Evakuasi Diri 

Kemudian isi tas darurat tersebut dengan bekal air. Idealnya bawa 3 liter air per orang untuk pasokan air bersih selama tiga hari yang digunakan untuk minum serta keperluan sanitasi.

Setelah itu, isi tas dengan stok makanan kering atau makanan yang tidak mudah rusak. Pastikan stok makanan cukup untuk setidaknya selama tiga hari.

Makanan dan minuman sudah masuk tas, kemudian jangan lupa untuk membawa senter, powerbank, baterai, radio, perlengkapan obat pertolongan pertama (first aid kit), obat-obatan pribadi, peluit sebagai sinyal untuk meminta pertolongan, masker pelindung antidebu, lem isolasi, terpal plastik.

Ada juga barang-barang penting lainnya seperti pembalut, popok bayi, handuk, sabun, pisau atau gunting, peta, serta ponsel dengan charger beserta baterai cadangan.

Baca juga: Yuk Minum Air Putih Setiap Pagi saat Perut Masih Kosong, Ini 5 Manfaatnya 

Kemudian jika tas masih cukup menampung, bisa juga membawa barang-barang tambahan seperti susu anak dan krim antiruam (jika masih mempunyai bayi atau balita), makanan hewan dan air ekstra khusus untuk hewan peliharaan, tisu basah, botol susu, uang tunai secukupnya.

Bisa juga dibawa dokumen penting seperti surat rumah, surat tanah, ijazah, asuransi, tabungan yang sudah disimpan secara elektronik maka yang asli dan salinannya bisa ditaruh di kontainer portable yang tahan air.

Baca juga: 6 Faktor Penyebab Kolesterol Tinggi, Salah Satunya Merokok 

Jika memungkinkan, bisa membawa selimut atau sleeping bag untuk masing-masing anggota keluarga. Ini sangat berguna ketika berada di tempat pengungsian musibah bencana alam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini