Kemenkes Pastikan Korban Luka Bakar Erupsi Gunung Semeru Tertangani

Ahmad Haidir, Jurnalis · Minggu 05 Desember 2021 07:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 05 481 2512083 kemenkes-pastikan-korban-luka-bakar-erupsi-gunung-semeru-tertangani-NIiwuFdC5k.jpeg Erupsi Gunung Semeru (Foto: Istimewa)

GUNUNG Semeru erupsi pada Sabtu 4 Desember 2021, sore. Sejumlah warga setempat yang menjadi korban bencana alam tersebut rata-rata mengalami luka bakar.

Hal ini lantas menjadi perhatian Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, yang langsung bergerak cepat untuk memastikan kesehatan dan keselamatan korban serta warga terdampak di lokasi erupsi Gunung Semeru.

Gunung Semeru

"Terkait kesiapan nakes (re : tenaga kesehatan), saat ini tim dari kami telah bergerak menuju lokasi yaitu di Lumajang dan sebagian sudah ada di Surabaya untuk selanjutnya berkoordinasi dengan Pusat Krisis Kesehatan Regional Jawa Timur", ungkap Eka Jusup Singka selaku Kepala Pusat Krisis Kementerian Kesehatan dalam Konferensi Pers 'Perkembangan Pasca Erupsi Gunung Semeru', Sabtu (4/12/2021) malam.

Baca Juga : Menkes: Data Sementara 45 Orang Jadi Korban Erupsi Gunung Semeru

Lalu terkait fasilitas kesehatan (faskes), Eka mengungkapkan bahwa puskesmas yang ada di lokasi dekat area bencana telah menyiapkan tenda-tenda darurat untuk penanganan korban.

Baca Juga : PVMBG: Status Gunung Semeru Masih Waspada

Adapun terkait proses evakuasi sekaligus penanganan korban bencana, Eka membeberkan sejumlah langkah strategis yang dilakukan oleh pihaknya.

"Informasi yang kami peroleh di lapangan bahwa korban yang cukup parah adalah akibat luka bakar. Jadi penanganan yang paling penting adalah kegawatdaruratan itu dengan memberikan cairan infus. Lalu korban serius dirujuk ke Rumah Sakit Haryoto", bebernya.

Pria berkacamata itu kemudian mengungkapkan bahwa Kemenkes juga mengirimkan perbantuan nakes di faskes setempat khususnya Rumah Sakit rujukan untuk mengusahakan agar semuanya aman terkendali.

"Selain itu, yang paling penting adalah tim dari kami sudah ada di lapangan seperti persatuan ahli bedah untuk membantu rumah sakit-rumah sakit yang ada di lokasi bencana ini", tutur Eka memungkasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini