Gunung Semeru Meletus, Ini 6 Bantuan yang Dibutuhkan Korban Terdampak

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Minggu 05 Desember 2021 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 05 481 2512102 gunung-semeru-meletus-ini-6-bantuan-yang-dibutuhkan-korban-terdampak-3DjFZUBi0v.jpeg Ilustrasi (Foto : Medicaldaily)

GUNUNG Semeru, Lumajang, Jawa Timur mengalami erupsi pada Sabtu (4/12/2021) sore. Dan biasanya ketika mendengar kabar terjadinya bencana alam, banyak orang yang langsung berupaya untuk memberikan bantuan kepada para warga terdampak

Tak sedikit pula yang langsung turun ke lapangan untuk mengulurkan tangan mereka. Meskipun ada banyak pilihan kontribusi selain uang, memberikan bantuan pada korban terdampak tetap tidak boleh sembarangan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini jenis bantuan yang paling dibutuhkan korban Gunung Semeru meletus.

1. Air Bersih

Air bersih khususnya air mineral menjadi barang yang dibutuhkan bagi para korban bencana alam. Seperti yang ketahui di pengungsian para warga terdampak butuh mengkonsumsi air mineral atau minimal air bersih. Air bersih juga sebetulnya dibutuhkan ketika para pengungsi untuk buang air kecil atau buang air besar dan untuk membersihkan diri.

Baca Juga : 6 Penyakit yang Perlu Diwaspadai Pasca Gunung Semeru Meletus

2. Perlengkapan Medis

Peralatan medis dan obat-obatan bagi korban bencana alam merupakan kebutuhan yang paling mendesak untuk dipenuhi. Pasalnya, peralatan medis sangat berguna untuk mendirikan rumah sakit lapangan. Adapun kebutuhan medis yang bisa diberikan seperti antiseptik, obat batuk, parasetamol atau bahkan tandu.

Baca Juga : Kemenkes Pastikan Korban Luka Bakar Erupsi Gunung Semeru Tertangani

3. Pakaian Layak Pakai

Sering kali orang menyalah artikan bantuan berupa pakaian bekas dan tidak memperhatikan kondisi serta kebersihannya. Padahal, keterbatasan fasilitas yang dimiliki para korban membuat pakaian yang masih layak pakai dan sudah dicuci atau disetrika adalah pilihan terbaik, karena mereka dapat langsung memakainya.

4. Pembalut, Popok Bayi dan Pakaian Dalam

Tiga hal ini juga merupakan kebutuhan yang mendesak untuk dipenuhi. Tidak menutup kemungkinan bahwa ada pengungsi wanita yang sedang datang bulan yang sangat membutuhkan pembalut. Dan para bayi yang tentunya harus berganti popok.

5. Makanan Kering atau Siap Santap

Selain lebih mudah untuk didistribusikan, makanan kering dan siap santap, seperti abon atau daging sapi yang sudah dikeringkan, juga bisa disimpan untuk jangka panjang.

Makanan kering seperti biskuit dan susu cair juga bisa pilihan menjadi alternatif. Setidaknya bahan makanan ini bisa mengurangi rasa lapar dan haus sekaligus memberikan energi.

6. Selimut

Banyak warga terdampak bencana alam yang berada di pengungsian akhirnya jatuh sakit, apalagi anak kecil dan orang tua. Selimut ini menjadi benda yang sangat berharga ketika para pengungsi hendak tidur untuk beristirahat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini