Aksi Siskaeee Viral, Apa Itu Perilaku Eksibisionis yang Termasuk Gangguan Kejiwaan?

Tim Okezone, Jurnalis · Minggu 05 Desember 2021 21:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 05 481 2512314 aksi-siskaeee-viral-apa-itu-perilaku-eksibisionis-yang-termasuk-gangguan-kejiwaan-w1QkR8Brpg.jpg Siskaeee (Foto: Tangkapan Layar)

PUBLIK dihebohkan dengan aksi perempuan pamer payudara di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), Kulonprogo yang viral di media sosial. Terduga pelaku pamer payudara tersebut, Siskaeee ditangkap di Bandung, Jawa Barat, kemarin.

Nama Siskaeee telah lama beredar di media sosial dengan konten-konten memamerkan area intim tubuhnya. Aksi Siskaeee disebut eksibisionis, apa itu?

Siskaeee

Psikolog Klinis Diah Nutrisiani pernah menjelaskan kepada Okezone terkait aksi Siskaee sebelumnya yang juga sempat viral.

"Ekshibisionisme adalah suatu jenis parafilia yang menandai seseorang yang mencari rangsangan atau kepuasan seksual dengan mempertunjukkan dirinya pada korban yang tidak menduga sebelumnya," ungkap Psikolog Diah.

Baca Juga : Mengenal Eksibisionis, Perilaku Doyan Pamer Payudara & Kemaluan yang Dilakukan Tante Siska

Namun, dia juga memberi pengecualian pada mereka yang menunjukkan tubuhnya ke orang lain. Sebab, penari bugil profesional juga pada umumnya tidak memenuhi kriteria klinis untuk terdiagnosis mengidap ekshibisionisme, meski pun mereka mungkin mempertontonkan tubuh bagian intim mereka.

Baca Juga : Kronologi Kasus Siskaeee hingga Ditangkap di Stasiun Bandung

Siskaeee

Lebih lanjut, eksibisionisme ini masuk dalam kategori Diagnositic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM), salah satu gangguan mental, dan ini cukup membuat seseorang harus mendapatkan pertolongan. Sebab, jika kebiasaan ini dibiarkan, bisa saja membuat orang lain trauma dan ini berakibat jangka panjang.

Secara spesifik, eksibisionisme kata Psikolog Diah, masuk ke dalam kategori DSM V yang mana memiliki ciri khusus yaitu aktivitas berulang, intens, dan terjadi selama 6 bulan.

"Perilaku ini adalah fantasi atau dorongan dan perilaku yang menimbulkan gairah seksual yang berkaitan dengan memamerkan alat kelamin kepada orang lain yang tidak dikenalnya.

Orang yang bersangkutan bertindak berdasarkan dorongan tersebut, atau dorongan dan fantasi menyebabkan orang tersebut sangat menderita atau mengalami masalah interpersonal," sambung Psikolog Diah.

Dia menambahkan, ada hal yang bisa dilakukan saat seseorang mencoba melakukan eksibisionisme pada Anda.

"Dianjurkan untuk tidak menunjukkan reaksi terkejut atau takut berlebihan karena itu bisa mendorong pelaku semakin mempertontonkan dirinya. Kemudian, jika memungkinkan saran saya bersikap biasa saja atau menjauh dari si pelaku," tambah Psikolog Diah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini