Share

Selain Manis, Ini 5 Manfaat Makan Rambutan untuk Kesehatan

Hasyim Ashari, Jurnalis · Senin 06 Desember 2021 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 06 481 2512394 selain-manis-ini-5-manfaat-makan-rambutan-untuk-kesehatan-kVOIoS92qc.jpg Rambutan kaya manfaat (Foto: Jovee)

RAMBUTAN menjadi salah satu buah yang cukup populer di Indonesia. Tak hanya rasanya yang manis dan lezat, ternyata buah rambutan juga kaya akan manfaat lho.

Meskipun ukurannya kecil, buah rambutan mengandung banyak vitamin C serta nutrisi lainnya yang dapat meningkatkan kekebalan dan mengeluarkan racun dari tubuh Anda.

Tak hanya itu saja, Rambutan juga mengandung tembaga, mineral lain yang bekerja bersama-sama dengan zat besi untuk meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan sel darah Anda karena juga merupakan sumber zat besi yang baik.

Seratus gram rambutan mengandung sekitar 84 kalori. Selain itu 100 gram buah ini juga mengandung 40 persen vitamin C yang Anda butuhkan setiap hari dan sekitar 28 persen zat besi. Dan berikut 5 manfaat buah rambutan menukil dari laman Stylecraze:

1. Meningkatkan kesehatan tulang

Rambutan

Fosfor dalam rambutan berperan di sini. Buah ini mengandung jumlah fosfor yang baik, yang membantu dalam pembentukan tulang dan pemeliharaannya. Vitamin C dalam rambutan juga berkontribusi untuk kesehatan tulang.

Baca Juga : Sarapan di Dubai, Victoria Beckham Kaget dan Bingung Lihat Rambutan

2. Meningkatkan kesehatan kulit kepala dan rambut

Sifat antibakteri dalam buah rambutan dapat mengobati ketombe dan masalah kulit kepala lainnya seperti gatal. Dan vitamin C dalam buahnya bisa menyehatkan rambut dan kulit kepala.

Tembaga dalam rambutan mengobati kerontokan rambut. Ini juga mengintensifkan warna rambut dan mencegah uban dini. Rambutan juga mengandung protein yang dapat menguatkan akar rambut. Vitamin C juga dapat membuat rambut Anda lebih bersinar.

Baca Juga : Viral Bule Kupas Rambutan Pakai Pengupas Kentang, Netizen: Mataku Tersakiti

3. Meningkatkan energi

Rambutan mengandung karbohidrat dan protein, yang keduanya dapat memberikan dorongan energi saat dibutuhkan. Gula alami dalam buah juga membantu dalam aspek ini.

4. Dapat membantu mencegah kanker

Rambutan

Rambutan merupakan salah satu buah dengan kandungan antioksidan yang tinggi, yang cukup beralasan untuk dikatakan dapat mencegah kanker. Antioksidan ini dapat melawan peradangan dan melindungi sel-sel dalam tubuh agar tidak terpengaruh.

Vitamin C dalam buah juga membantu dalam hal ini. Ini menetralkan radikal bebas berbahaya dan menawarkan perlindungan terhadap berbagai bentuk kanker.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Kandungan serat yang tinggi pada rambutan berpotensi menurunkan risiko penyakit jantung koroner. Selain itu, buah rambutan juga membantu meringankan hipertensi dan menurunkan kadar kolesterol yang keduanya dapat merusak jantung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini