Beda Gejala Varian Omicron pada Orang Sudah Divaksin dengan yang Belum

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 06 Desember 2021 11:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 06 481 2512509 beda-gejala-varian-omicron-pada-orang-yang-sudah-divaksin-dengan-yang-belum-tkdKKGMcTW.jpeg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

GEJALA varian Omicron sejauh ini dipercaya cenderung ringan. Itu berdasarkan beberapa laporan kasus dari banyak negara.

Peneliti Jepang menerangkan bahwa orang yang terinfeksi Omicron mungkin memiliki kecenderungan bergejalan ringan atau bahkan tidak bergejala sama sekali, sekalipun kemampuan menular varian itu sangat tinggi dibanding varian Delta.

"Risiko orang mengalami gejala parah setelah terpapar Omicron tidak diketahui, tetapi beberapa data menunjukkan bahwa pasien cenderung bergejala ringan," terang laporan Japan Times, dikutip MNC Portal, Senin (6/12/2021).

Infografis

Di sisi lain, Takaji Wakita, kepala Institut Nasional Penyakit Menular, memperingatkan agar tidak membuat penilaian tergesa-gesa mengenai risiko orang yang terinfeksi Omicron mungkin mengembangkan gejala parah.

Sekalipun parah, tambah ahli lainnya, pencegahan masih sama dengan varian Delta yaitu memakai masker medis dua rangkap, menghindari keramaian, pun jaga jarak.

Baca Juga : Gejala Omicron Tidak Masuk Akal, Sebabkan Kelelahan dan Denyut Nadi Sangat Tinggi

Terlepas dari itu, apakah ada perbedaan yang signifikan gejala Omicron pada orang yang sudah divaksin dengan mereka yang belum divaksin dan terpapar Omicron?

Baca Juga : Terdeteksi di 38 Negara, WHO Sebut Belum Ada Kematian Akibat Varian Omicron

Pasien Covid-19

Seorang Dokter Spesialis Penyakit Menular dr Ruth Berggren dari Long School of Medicine di UT Health San Antonio mengatakan bahwa kejadian pasien Omicron perlu dirawat inap diduga karena pasien belum divaksin Covid-19.

"Saya pikir, kabar baik yang harus diketahui masyarakat adalah vaksinasi yang diberikan masih memberikan efek positif pada perlindungan tubuh dari serangan Covid-19 dan varian-variannya. Orang yang dirawat di rumah sakit akibat Omicron itu orang-orang yang tidak divaksinasi," terang dr Berggren, dikutip dari laman KSAT.

Ia melanjutkan, "Nah, pada mereka yang sudah divaksin dan terpapar Omicron, mereka kecenderungan memiliki gejala ringan bahkan tidak bergejala. Ini terbukti dari laporan yang dikeluarkan banyak negara bahwa anak-anak muda yang terpapar Omicron, mereka sudah divaksin dan gejalanya ringan."

Namun, Anda perlu tahu gejala umum seseorang terpapar Omicron itu seperti apa. Dijelaskan Dokter Angelique Coetzee, ketua Asosiasi Medis Afrika Selatan, ada 3 gejala yaitu:

Gejala Omicron

1. Kelelahan

2. Pegal-pegal

3. Sakit kepala

"Pada kasus pasien perempuan berusia 6 tahun, dia memiliki gejala suhu dan denyut nadi yang sangat tinggi. Ini merupakan kasus spesial," tambah dr Coetzee.

Sementara itu, gejala parah yang sejauh ini dilaporkan terkait varian Omicron adalah:

1. Kesulitan bernapas atau sesak napas

2. Kehilangan kemampuan untuk bicara atau mobilitas

3. Nyeri dada

Gejala-gejala itu yang mungkin banyak menyerang orang yang belum divaksin Covid-19 dan terpapar Omicron, sehingga mereka perlu mendapat perawatan di rumah sakit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini