Anak dengan Long Covid Boleh Kembali Sekolah, Ini 6 Persiapannya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 06 Desember 2021 13:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 06 481 2512642 anak-dengan-long-covid-boleh-kembali-sekolah-ini-6-persiapannya-vF3QGkru5Y.jpg Anak sekolah (Foto: Sindo)

SEKOLAH tatap muka kembali dibuka di Tanah Air. Bahkan sempat menimbulkan klaster penularan Covid-19 di lingkungan sekolah.

Tak sedikit pelajar yang terinfeksi Covid-19 meski sebagian besar mengalami gejala ringan.

 anak dengan long covid

Meski tidak menyebabkan keparahan, namun infeksi Covid-19 kerap menimbulkan efek jangka panjang bagi kesehatan yang disebut dengan Long Covid. Lantas, apakah anak yang telah menderita long Covid, boleh kembali bersekolah?

Merangkum dari laman Instagram resmi Satgas Covid-19 Bidang Perubahan Perilaku @satgasperubahanperilaku, Senin (6/12/2021), anak yang menderita long Covid pasca terinfeksi Covid-19 bisa kembali bersekolah asalkan dilakukan dengan berbagai persiapan

Persiapan perlu dilakukan untuk menyambut kembali anak dengan long Covid ke sekolah. Adapaun beberapa cara yang harus diperhatikan, di antaranya:

1. Mengijinkan jam sekolah fleksibel dengan jeda istirahat untuk meminimalisir fatique atau kelelahan.

2. Mengurangi aktivitas fisik dan mengurangi kemungkinan paparan yang dapat menstimulasi fatique dan sakit kepala.

3. Modifikasi load pekerjaan termasuk meniadakan tugas-tugas sulit dan mengijinkan anak untuk selesai dari waktu yang seharusnya, tanpa ada pinalti.

4. Menyiapkan waktu tambahan untuk menyelesaikan sebuah tugas atau ujian. Hal ini sangat penting bagi anak yang mengalami brain fog.

5. Buatlah rencana dukungan emosional untuk menghindari depresi dan kecemasan pada anak. Tentukan perwakilan yang dapat membantu seorang anak yang tiba-tiba mengalami kelelahan. Atau bisa juga membuat dukungan grup.

Baca juga: Waspada KRL Penuh Covid-19 Mudah Menyebar, Kenali 6 Tips Selamat di Kereta

6. Dorong anak untuk mengeksplorasi kegiatan ekstrakulikuler yang bersifat non fisik atau tidak melibatkan unsur kognitif.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini