Mengenal Sosok Fasichah Tia Nur, Perempuan Cantik yang Dapat Gelar Kanjeng Raden Ayu dari Kraton

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 06 Desember 2021 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 06 612 2512621 mengenal-sosok-fasichah-tia-nur-perempuan-cantik-yang-dapat-gelar-kanjeng-raden-ayu-dari-kraton-023wKmagBX.jpg Iva dapat gelar Kanjeng Raden Ayu dari Kraton Kasunanan. (Foto: Dok pribadi)

FASICHAH Tia Nur, wanita cantik ulet membesarkan bisnis kulinernya jadi sorotan. Dia baru saja dapat gelar gelar KRAy atau Kanjeng Raden Ayu dari Kraton Kasunanan Hadiningrat.

Nama Fasichah Tia Nur atau akrab disapa Iva mungkin masih asing di telinga Anda. Tapi siapa sangka di kota asalnya, Iva sangat dihargai atas pencapaiannya.

Tak ada salahnya jika Anda berkenalan dengan sosok wanita ini. Berikut empat fakta tentang Fasichah Tia Nur yang bisa Anda simak selengkapnya.

Cerita di balik dapat gelar

Bukan tanpa sebab Ivan bisa mendapat gelar terbaik sebagai kerabat Kraton Kasunanan. Pihak kraton menilai bahwa wanita ini sangat konsisten menjaga budaya hingga mengangkat kulier khas Kota Solo yang sarat akan sejarah.

Kala itu, Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Dr Eddy Wirabhumi kagum terhadap Iva dan bertanya tentang sosoknya.

“Mbak, kamu ini sekolahnya apa mbak? Kok bagus sekali menata produk dari kemasan serta cerita dan pemilihan produknya sangat menarik serta filosofi sekali," tutur Eddy.

Baca Juga: Selamatkan 90 Hewan Telantar, Wanita Cantik Ini Bikin Kebun Binatang Sendiri

 

Lulusan S2 Universitas Sebelas Maret Solo

Iva merupakan wanita lulusan S2 Magister Manajemen Komunikasi UNS. Selesai menyelesaikan pendidikan, Iva bertekad untuk mengenal sejarah dan budaya Tanah Air. Salah satu yang dipilihnya adalah kuliner kembang tahu Silken Tahoo.

Iva pun menjawab pertanyaan yang telah dilontarkan oleh Kanjeng Wirabumi sebelumnya.

“Sebagai lulusan S2 Magister Manajemen Komunikasi UNS saya merasa harus selalu memberikan yang terbaik dan saya memang sangat menyukai sejarah serta budaya tetapi tidak hanya itu saja Kanjeng, saya juga harus bertanggung jawab agar tidak hanya menjadi idealisme saja tetapi juga bagaimana terjual dan menciptakan peluang kerja serta wirausaha mandiri."

Wanita asli Solo

Iva ternyata wanita asli Solo dan seumur hidupnya tinggal di Kauman Solo, tepatnya di wilayah kraton. Karena itu, dia telah terbiasa dengan budaya kehidupan di kraton hingga akkhirnya berhasil dapat gelar keturunan sebagai kerabat Kraton Kasunanan berkat prestasinya.

Makna gelar

Setelah mendapatkan gelar dari Kraton Kasunanan, nama Iva kini menjadi KRAy Fasichah Tia Nur Retno Kusuma. Retno yaitu emas yang diharapkan selalu berkilau di manapun berada dan Kusumo yang berarti darah, trahing kusuma, trahing ratu yang berarti keturunan bangsawan yang harum namanya.

Tanpa mengurangi rasa hormat kepada pemberi gelar, Iva mengaku gelar tersebut tidak akan selalu ditulis melainkan diambil esensinya dan digunakan untuk kegiatan kedinasan untuk selalu mengingat asal-usul dan komitmen budaya.

"Hal ini dilakukan karena saya tidak ingin canggung ketika sedang bersosialisasi dengan teman atau orang di sekitarnya," kata Iva.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini