Share

Demi Kesehatan, Generasi Z Didorong Banyak Konsumsi Sayur dan Buah

Ahmad Haidir, Jurnalis · Selasa 07 Desember 2021 22:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 07 298 2513444 demi-kesehatan-generasi-z-didorong-banyak-konsumsi-sayur-dan-buah-fprRiLBNFk.jpg Makan sayur (Foto: Shutterstock)

SEJATINYA rutin mengonsumsi sayur dan buah sebagai menu makan sehari-hari menjadi salah satu pola makan terbaik. Ini untuk menjaga kesehatan tubuh sekaligus pemenuhan asupan nutrisi.

Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dan United Nations World Food Programme (UNWFP) meluncurkan sebuah kampanye digital #KerenDimakan yang merupakan inisiatif bersama untuk meningkatkan kualitas gizi remaja Indonesia dan mendorong konsumsi sayur dan buah di kalangan anak muda.

 sayur

Dukungan UNWFP dalam kampanye digital #KerenDimakan ini sebagai bentuk komitmen dukungan untuk akselerasi program Kemenkes lainnya yaitu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), khususnya dalam mempromosikan Pedoman Gizi Seimbang untuk remaja Indonesia, serta pilar kedua Strategi Nasional Percepatan Pencegahan Stunting 2018-2024, kampanye nasional dan komunikasi perubahan perilaku.

“Remaja di Indonesia atau yang dikenal sebagai Generasi Z atau Gen-Z, berusia antara 10 hingga 19 tahun, berjumlah 46 juta atau sekitar 17,2% dari penduduk di Indonesia. Mereka membutuhkan kombinasi zat gizi yang cukup untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya," ujar Jennifer Rosenzweig selaku Direktur UNWFP untuk Indonesia, Selasa, (7/12/2021).

dr. Imran Agus Nurali, Sp.KO, Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kementerian Kesehatan juga mengemukakan hal serupa tentang pentingnya pola makan seimbang untuk masyarakat Indonesia.

"Kami sangat mengapresiasi komitmen UNWFP dalam memastikan pemenuhan gizi seimbang remaja Indonesia. Inisiatif #KerenDimakan mendukung program Kementerian Kesehatan, yaitu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dengan mempromosikan Pedoman Gizi Seimbang. Kami berharap kampanye digital #KerenDimakan bisa menyasar remaja sebagai kelompok generasi muda yang paling penting untuk pembangunan bangsa di masa mendatang”, tuturnya.

Dengan menggunakan pendekatan kreatif digital, #KerenDimakan didesain menjadi kampanye yang interaktif dan menarik secara visual, merefleksikan pesan bahwa sayur dan buah adalah pilihan yang keren untuk memberikan gizi yang dibutuhkan remaja.

#KerenDimakan diharapkan dapat menjangkau remaja Indonesia dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya pola hidup sehat, sekaligus mendorong mereka mengonsumsi lebih banyak sayur dan buah setiap hari dengan metode pendekatan yang dinilai relate dengan gaya hidup anak muda sekarang.

Sementara itu, turut hadir dalam acara tersebut yakni dr. Melania Gondomartojo selaku Head of Nutrition UNWFP Indonesia dimana ia mengatakan latar belakang dari adanya peluncuran kampanye #KerenDimakan ini.

“Pedoman Gizi Seimbang oleh Kementerian Kesehatan RI masih belum dikenal secara luas oleh masyarakat Indonesia sehingga konsumsi buah dan sayur belum menjadi prioritas utama, khususnya bagi remaja”, ungkap dr. Melania Gondomartojo

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini