Share

Deretan Manfaat Susu Kambing bagi Kesehatan, Apa Saja?

Antara, Jurnalis · Selasa 07 Desember 2021 21:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 07 298 2513485 deretan-manfaat-susu-kambing-bagi-kesehatan-apa-saja-4F1I8cGxCW.jpg Susu kambing (Foto: Unlock food)

SEBUAH studi menunjukkan bahwa susu kambing mengandung 25 persen lebih banyak vitamin B6, 47 persen lebih banyak vitamin A, serta 13 persen lebih banyak kalsium daripada susu sapi. Namun masih banyak orang tak mengenal manfaat susu kambing.0

Selain itu, susu kambing aman bagi bayi karena memiliki daya cerna yang lebih tinggi. Nah, apa saja manfaat kesehatan susu kambing, sebagaimana dilaporkan laman Boldsky.

 susu kambing

1. Mengobati anemia

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa bioavailabilitas zat besi dalam susu kambing lebih tinggi daripada susu sapi. Artinya, konsumsi susu kambing akan membantu meningkatkan kadar zat besi dan mengurangi risiko anemia defisiensi besi.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Mengonsumsi susu kambing akan menjaga kesehatan jantung karena kandungan magnesium yang tinggi. Magnesium adalah mineral penting yang bermanfaat bagi jantung. Hal ini berfungsi dalam menjaga detak jantung teratur, mencegah pembentukan gumpalan darah, dan meningkatkan kolesterol baik. Sebuah studi pada 2005 yang diterbitkan Journal of Dairy Science menemukan bahwa mengonsumsi susu kambing meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

3. Menurunkan peradangan

Penelitian telah menunjukkan bahwa susu kambing memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu melawan peradangan. Penelitian pada hewan telah menemukan bahwa susu kambing mengandung oligosakarida yang menunjukkan efek anti-inflamasi pada kolitis dan karenanya, mungkin berguna dalam mengelola penyakit radang usus.

4. Menyehatkan tulang

Sebuah studi yang diterbitkan International Journal of Pharmaceutical Sciences and Research menunjukkan bahwa minum susu kambing segar meningkatkan kadar kalsium dan mencegah risiko osteoporosis.

Susu kambing juga mengandung asam lemak rantai menengah yang berperan besar dalam penyerapan kalsium dan fosfor, dua mineral penting yang membantu menjaga kesehatan tulang.

“Susu Kambing juga bagus jika dicampur dengan ekstrak daun kelor dan madu murni. Daun kelor punya manfaat besar dalam meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan hingga meningkatkan fungsi otak. Sedangkan madu baik untuk imunitas tubuh. Ini adalah perpaduan formula yang tepat,” tambah owner PT SR12 (gomilku) Herbal Toni Firmansyah.

Toni juga membenarkan jika susu kambing etawa bisa menyehatkan tulang, mengontrol kadar kolesterol dalam darah, menjaga kesehatan jantung, membantu penderita diabetes hingga untuk mengatasi gangguan saluran pernapasan.

5. Baik untuk lambung

Susu kambing juga baik bagi orang-orang yang punya gangguan lambung. Selain itu juga baik untuk memperlancar ASI bagi ibu menyusui, serta meningkatkan kecerdasan dan menjaga sistem imun tubuh.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini