Share

Dari Sate Domba hingga Gurame, Ini 4 Makanan Ikonik di Cilegon

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 08 Desember 2021 09:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 07 298 2513571 dari-sate-domba-hingga-gurame-ini-4-makanan-ikonik-di-cilegon-ENHVubaJcI.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

JALAN-jalan ke Cilegon, paling asyik berburu kuliner. Apalagi kalau tempatnya Instagramble nan mencuri perhatian.

Siapa yang tak ingin mencicipi hidangan kuliner seafood segar di tempat makan yang kece dan bikin betah.

Daripada penasaran, yuk intip rekomendasi kuliner di Cilegon yang wajib Anda singgahi, ditulis Okezone Selasa (7/12/2021).

The Surosowan

Ā Chef

Restoran yang berada di area The Royale Krakatau Hotel, Cilegon, unit bisnis dari anak perusahaan Krakatau Steel di bawah naungan Krakatau Sarana Properti (KSP) ini menawarkan konsep kuliner sambil menikmati alam sekitar.

Direktur Utama KSP Ridi Djajakusuma mengatakan, nama Surosowan diambil dari salah satuĀ  keraton yang ada di Provinsi Banten. Sebelumnya restoran ini bernama The Sapphire Restaurant, namun bertansformasi dengan wajah baru dan berganti nama menjadi The Surosowan,Ā  diharapkan restoran ini akan menjadi destinasi wajib para pencinta kuliner dalam dan luar Kota Cilegon.

"Diharapkan restoran ini bisa sebagai tempat yang wajib dikunjungi tidak hanya untuk makan saja, tetapi ada ikatan emosional para pengunjungnya untuk bisa datang kembali lagi," ujarnya.

Anda bisa mencicipi hidangan kulinet unik dari mulai Sate Sineret yang terbuat dari daging domba muda. Sate ini disajikan dengan campuran daging berlemak, yang dihidangkan di atas hot plate hitam dengan sensasi suara minyak meletup-letup.

Ada pula western food seperti, Salmon Lemon Butter, Korean Chicken Wing, Sate Maranggi, Buntut (Bakar Surosowan, Balado Teri), Sup Ikan Salmon yang diolah oleh chef berpengalaman. Serta jangan lupa untuk mencicipi wedangan minuman, serta kopi single origin yang diracik barista handal.

Seafood Gabrukan

Ā Gurita

Warung makan dengan menu andalan seafood ini bernama Seafood Gabrukan Mba Desi. Anda bisa mencicipiĀ  aneka seafood yang bisa disajikan dengan cara digoreng, direbus, ataupun dibakar, dengan menu utamanya yakni gurita.

Warung makan ini memiliki tempat yang nyaman. Para pengunjung dapat menikmati hidangan dengan lesehan di saung-saung bambu.

Leha, salah seorang pecinta kuliner gurita, meyakini makanan seafood dapat memberi nutrisi untuk kesehatan tulang karena memiliki vitamin D yang membantu menyerap kalsium serta meningkatkan perkembangan tulang dan gigi pada anak.

Selain itu, seafood juga dapat meningkatkan imun tubuh sehingga bisa terhindar dari virus Covid-19.

"Kan gurita mengandung kalsium yang tinggi ya, sama protein, terus kepiting juga. Kan sekarang lagi Covid ya jadi kita harus mengonsumsi makanan yang bergizi supaya meningkatkan imun tubuh kita," kata dia, dilansir dari channel YouTubeĀ Buletin iNews, Selasa

Ayam Bekakak

Ā Ayam

Kota Cilegon merupakan salah satu kota yang ada di Provinsi Banten, Indonesia, Letaknya berada di ujung barat laut pulau Jawa, di tepi Selat Sunda. Selain dikenal sebagai kota Industri dan kota penghasil baja, Cilegon juga memiliki beragam kuliner tradisional lezat. Salah satunya adalah ayam bekakak.

Ayam bekakak memang sudah terkenal sebagai satu di antara kuliner nusantara yang memiliki rasa khas dan nikmat. Ayam bekakak ini merupakan olahan ayam utuh yang cara masaknya dengan dibakar, lalu diungkep dengan racikan bumbu manis.

Di Jawa Barat sendiri, ayam bekakak umumnya disajikan pada hari-hari istimewa, misalnya pada acara sunatan atau pernikahan. Bagi Anda yang ingin mencicipi kelezatan ayam bekakak di Serang, Anda bisa datang ke Jl. Raya Kranggot, Jombang Wetan, Kota Cilegon, Banten.

Rumah Bu Entin

Bagi para pencinta kuliner Nusantara, wajib banget mampir ke Rumah Makan Ibu Entin ketika sedang berlibur atau lewat di daerah Banten. Tidak usah jauh-jauh ke Labuan, cabangnya juga ada kok di luar Kota Serang. Menu seafood menjadi andalan dari rumah makan ini.

Pilihannya pun relatif beragam, ada olahan gurame bakar yang lezat hingga otak-otak nan gurih untuk oleh-oleh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini