Kasus Omicron Pertama Telah Terdeteksi di Argentina

Hasyim Ashari, Jurnalis · Selasa 07 Desember 2021 18:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 07 481 2513463 kasus-omicron-pertama-telah-terdeteksi-di-argentina-nm4lq5rqtQ.jpg Varian omicron (Foto: Antara)

SAAT ini Argentina telah mendeteksi kasus pertama varian virus corona Omicron pada seseorang yang melakukan perjalanan dari Afrika Selatan. Hal tersebut dikonfirmasi Kementerian Kesehatan Argentina, pada Minggu malam.

Penumpang itu berusia 38 tahun dari provinsi San Luis, Argentina barat, yang tiba pada 30 November dari Afrika Selatan dengan penerbangan melalui Amerika Serikat dan telah diisolasi sejak itu.

 terkena Omicron

Kementerian Kesehatan Argentina menyatakan bahwa penumpang tersebut telah divaksinasi secara lengkap dan telah memberikan hasil tes PCR negatif sebelum bepergian serta tes antigen negatif lainnya saat tiba di Buenos Aires.

Namun, rupanya penumpang itu telah tertular oleh rekan kerjanya sendiri yang berada di Afrika Selatan yang juga dinyatakan positif Covid-19 varian Omicron. Hal itu diketahui setelah menjalani tes kembali oleh otoritas kesehatan bandara Argentina.

Menurut laporan penumpang itu telah melakukan kontak dekat dengan empat orang, yang juga diisolasi tetapi tidak memiliki gejala dan tes PCR mereka negatif. Semua akan menjalani tes PCR lain di akhir isolasi mereka.

Lebih lanjut, Kementerian Kesehatan Argentina akan terus meningkatkan cakupan vaksin dan memperkuat langkah-langkah pencegahan lainnya.

"Tujuan epidemiologis saat ini adalah untuk menahan dan menunda kemungkinan transmisi komunitas dari varian baru yang menjadi perhatian," kata kementerian seperti dikutip dari Channel News Asia (CNA), Senin (6/12/2021).

 Baca juga: Cek Fakta: Omicron Ternyata Hasil Komplikasi Vaksin Covid-19?

Dengan ditemukannya kasus varian Omicron, Argentina bergabung dengan Brasil, Meksiko, dan Chili dalam daftar negara-negara Amerika Latin di mana kasus varian baru telah terdeteksi.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini