Cek Fakta: Omicron Ternyata Hasil Komplikasi Vaksin Covid-19?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 07 Desember 2021 16:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 07 612 2513360 cek-fakta-omicron-ternyata-hasil-komplikasi-vaksin-covid-19-XLoHsQSmHx.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

GEJALA varian Omicron memang tidak berbeda dengan Covid-19 lainnya, meskipun omicron disebut lebih mudah menular. Asal mula varian omicron pun masih dalam penyelidikan, tapi baru-baru beredar kabar bahwa varian omicron terjadi karena adanya komplikasi vaksin Covid-19.

Sebagaimana diketahui, varian Omicron pertama kali diumumkan pada 24 November ketika para ilmuwan dari Afrika Selatan mengabarkan temuan Omicron di benua tersebut. Varian ini dikatakan memiliki kemampuan untuk lebih cepat menyebat dan berpotensi menjadi varian dominan di masa depan.

Tentunya kehadiran varian Omicron ini membuat masyarakat menjadi khawatir dan takut akan potensi lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia. Lantas apakah benar varian Omicron ini adalah hasil dari komplikasi vaksin Covid-19?

Merangkum dari laman Instagram resmi Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), @lawancovid19_id, Selasa (7/12/2021), memastikan informasi yang beredar tersebut tidak memiliki dasar atau hoax.

Tidak ada bukti bahwa daftar gejala yang tercantum dalam postingan tersebut merupakan gejala komplikasi dari vaksin Covid-19. Begitu juga tidak ada bukti bahwa varian Omicron menyebabkan seseorang menunjukkan gejala-gejala tersebut.

Profesor Laboratorium Patologi dan Obat-obatan di Universitas Wisconsin-Madison, David O'Connor mengatakan bahwa sejauh ini belum cukup waktu atau kasus untuk dapat mengetahui apakah varian Omicron menunjukkan gejala yang berbeda dari varian lainnya.

Lebih lanjut, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga mengatakan belum jelas apakah varian Omicron lebih menular atau menyebabkan penyakit yang lebih parah dibandingkan varian lainnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini