Kisah Ibu Menyusui Divaksin Covid-19 di Sentra Vaksinasi MNC Peduli

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 08 Desember 2021 13:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 08 481 2513833 kisah-ibu-menyusui-divaksin-covid-19-di-sentra-vaksinasi-mnc-peduli-IbX6ts7OHY.jpg Divaksin Covid-19 (Foto: Sukardi)

SENTRA vaksinasi MNC Peduli yang berlokasi di Gedung HighEnd kembali membuka layanan vaksinasi untuk masyarakat di atas usia 12 tahun, tak terkecuali untuk ibu menyusui.

Ibu hamil dan menyusui boleh divaksin Covid-19 atas izin dokter kandungannya.

 Divaksin Covid-19

Seperti Cahaya, ibu yang tengah menyusui anaknya yang berusia 2 bulan. Ia tak ragu untuk divaksin Covid-19 karena saran dua dokter kandungannya.

"Saya sampai bertanya ke dua dokter kandungan saya untuk memastikan apakah kondisi saya aman divaksin dan kedua dokter izinkan saya. Vaksin Pfizer pun disarankan dokter, makanya saya divaksin Pfizer di sentra vaksinasi MNC Peduli," cerita Cahaya saat ditemui langsung MNC Portal, Rabu (8/12/2021).

Ini adalah vaksin dosis kedua untuk Cahaya. Dia mendapatkan dosis pertama pada pertengahan November di tempat berbeda, namun keduanya adalah vaksin Pfizer.

Ada kisah menarik mengapa Cahaya baru divaksin Covid-19 saat dirinya sudah melahirkan dan tengah menyusui, bukan saat hamil.

Menurutnya, karena kebijakan dokter kandungan seluruh Indonesia yang membolehkan ibu hamil dan menyusui divaksin itu saat dirinya sudah masuk trimester ketiga atau tepatnya sudah di usia kandungan 33 minggu.

"Jadi, dokter kandungan menyarankan saya untuk mendapatkan vaksin pasca persalinan saja. Soalnya kalau dipaksakan waktu itu, waktunya sangat mepet dengan jadwal pemberian dosis keduanya," paparnya.

"Amannya juga pada trimester ketiga atau bahkan sudah dekat waktu persalinan itu tidak menerima vaksin untuk meminimalisir risiko yang tak diharapkan," tambah Cahaya.

Ibu berusia 27 tahun itu pun menyangkal desas-desus yang bilang kalau ibu yang divaksin Covid-19, anaknya akan ikutan demam dan ikutan sakit. Bahkan beberapa informasi bilang muncul efek buruk pada bayi yang meminum ASI dari ibu yang divaksin.

"Itu informasi tidak terbukti di saya. Alhamdulillah pasca-suntikan reaksinya hanya nyeri di lokasi suntikan, selebihnya aman. Anak juga tidak mengalami reaksi gara-gara saya divaksin. Alhamdulillah semua sehat-sehat," kata Cahaya.

 Baca juga: Virus Covid-19 Bisa Menempel di Dinding, Selektif Pilih Cat Dinding

Karena itu, dia sangat berharap kepada semua ibu hamil untuk tidak ragu divaksin Covid-19. "Kalau memang ragu, tanyakan ke ahlinya. Jangan cari jawaban hanya di media sosial. Ahli tahu apa yang terbaik untuk pasiennya. Toh, enggak ada dokter yang mau mencelakai pasiennya kan?" tambah Cahaya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini