Tips Makan Sehat bagi Penyandang Diabetes, Ini Deretan Makanan yang Perlu Dihindari

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 08 Desember 2021 22:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 08 481 2513929 tips-makan-sehat-bagi-penyandang-diabetes-ini-deretan-makanan-yang-perlu-dihindari-wNxX1HsEED.jpg Penderita diabetes (Foto: Personell today)

DIABETES menjadi salah satu penyakit kronis yang dapat menyebabkan berbagai komplikasi. Secara global diperkirakan ada 537 juta orang yang menderita diabetes.

Oleh karena itu, pola makan yang baik menjadi salah satu cara untuk mengelola gejala diabetes dan menghindari komplikasi yang mungkin terjadi.

Merangkum dari laman Instagram resmi Pemerintah Provinsi (Pemprov), DKI Jakarta, Rabu (8/12/2021), penderita diabetes diimbau lebih hati-hati saat memilih dan mengonsumsi makanan. Berikut adalah beberapa kandungan makanan yang konsumsinya harus dibatasi atau lebih baik dihindari bagi penderita diabetes.

 selai

1. Mengandung banyak gula sederhana

Beberapa makanan tersebut di antaranya gula pasir, gula jawa, gula aren, gula merah, sirup, minuman ringan, minuman kemasan, selai, jelly, agar-agar, puding manis, manisan buah, buah yang diawetkan dengan gula, kental manis, krimer kental manis, es krim, kue manis, dodol, lempok, cake, bolu, cokelat.

2. Mengandung banyak lemak

Makanan yang tinggi lemak diantaranya: semua makanan yang digoreng, fast food atau makanan cepat saji.

 Baca juga: 643 Juta Orang Diprediksi Menderita Diabetes di 2030

3. Mengandung banyak natrium

Adapun makanan yang mengandung banyak natrium adalah: ikan asin, telur asin dan makanan kaleng atau yang diawetkan.

Ada baiknya penderita diabetes mengganti asupan gula pasir, gula aren, gula jawa, dan gula batu dengan gula alternatif dengan jumlah terbatas. Seperti: fruktosa, gula alkohol (sorbitol, manitol, dan silitol, aspartame, dan sakarin).

Selain cermat dalam memilih makanan, jangan lupa untuk selalu menerapkan pola hidup sehat, rutin mengecek kadar gula darah setidaknya tiga bulan sekali, dan lakukan pengobatan yang tepat.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini