Para Ilmuwan Temukan Omicron Versi Siluman, Susah Dilacak?

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 08 Desember 2021 17:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 08 481 2513987 para-ilmuwan-temukan-omicron-versi-siluman-susah-dilacak-OShqWGePZS.jpg Varian omicron (Foto: Reuters)

ADANYA mutasi varian Omicron membuat berbagai negara makin waspada. Bukan hanya sudah menyebar ke puluhan negara di berbagai penjuru dunia, tapi juga sudah timbul versi lain dari Omicron.

Seperti dilapor The Guardian, Rabu (8/12/2021) para ilmuwan dilaporkan telah menemukan versi “siluman” dari varian Omicron yang berpeluang membuat virus varian ini menjadi lebih sulit untuk dilacak.

 Omicron

Penemuan bentuk baru dari Omicron ini, mendorong para peneliti untuk membagi varian Omicron dengan garis keturunan kode B.1.1.529 untuk Omicron standar, yang dikenal sebagai BA.1 dan varian yang lebih baru, yang dikenal sebagai BA.2.

“Ada dua garis keturunan dalam Omicron, BA.1 dan BA.2, yang cukup berbeda secara genetik,” kata Profesor Francois Balloux, direktur Institut Genetika dari University College London.

Para ilmuwan disebutkan telah mengidentifikasi versi "siluman" dari Omicron yang tidak dapat dibedakan dari varian lain tersebut lewat cara tes PCR, yang diketahui selama ini menjadi metode testing sistem kesehatan masyarakat untuk mendapatkan gambaran cepat tentang penyebarannya di seluruh dunia.

Lebih lanjut, temuan ini muncul saat jumlah kasus varian Omicron asli yang terdeteksi di Inggris naik dari 101 menjadi 437 kasus hanya dalam satu hari.

Kabarnya, varian siluman Omicron tersebut punya banyak mutasi yang sama dengan Omicron standar. Tetapi bedanya, tidak memiliki perubahan genetik tertentu yang memungkinkan tes PCR berbasis laboratorium digunakan sebagai cara untuk menandai kemungkinan kasus.

Berita baiknya, varian ini dikatakan masih bisa terdeteksi sebagai coronavirus oleh semua pola tes Covid-19 biasa pada umumnya, dan dapat diidentifikasi sebagai varian Omicron melalui pengujian genomik, tetapi kemungkinan kasus tidak ditandai oleh tes PCR rutin yang memberikan hasil lebih cepat.

Sementara untuk pola penyebaran, sejauh ini para peneliti mengatakan masih terlalu dini untuk mengetahui apakah bentuk baru dari varian Omicron ini akan menyebar dengan pola-cara yang sama seperti varian standar Omicron. Tetapi versi samar-samar dari Omicron ini dikatakan secara genetik berbeda dan mungkin juga punya perilaku berbeda.

 Baca juga: WHO Klaim Vaksin yang Ada Masih Melindungi dari Varian Omicron

Sebagai informasi, varian siluman dari Omicron tersebut pertama kali terlihat di antara genom virus Covid-19 yang dikirimkan dalam beberapa hari terakhir dari Afrika Selatan, Australia, dan Kanada, tetapi bisa saja kemungkinan sudah menyebar lebih luas.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini