Tips Ampuh Berdamai dengan Diri Sendiri saat Memiliki Masa Lalu yang Buruk

Ahmad Haidir, Jurnalis · Rabu 08 Desember 2021 23:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 08 612 2513959 tips-ampuh-berdamai-dengan-diri-sendiri-saat-memiliki-masa-lalu-yang-buruk-CswHSmHvZI.jpg Berdamai dengan masa lalu (Foto: Medium)

APAKAH kamu sering terbayang hingga tenggelam dalam pikiran terkait memori buruk di masa lalu? Lalu apakah kamu juga terkadang atau bahkan kerap kali menyalahkan diri sendiri terhadap kejadian pahit tersebut?

Apabila demikian, itu menjadi pertanda bahwa kamu mungkin belum berdamai dengan masa lalu. Oleh karena itu, satu-satunya cara untuk melewatinya adalah dengan berdamai dengannya.

Bukan perkara yang mudah memang untuk melakukannya, namun terdapat sejumlah langkah yang dirasa cukup ampuh dan mungkin bisa kamu coba dan terapkan untuk membantu memaafkan diri sendiri serta menerima masa lalu seperti dilansir dari Pinkvilla.

 mengalami masa lalu yang buruk

1. Melihat masa lalu jadi pembelajaran

Sekeras dan sebanyak apapun menyalahkan diri sendiri atau menyesali kesalahan yang menjadi andil atas kejadian buruk yang kamu alami di masa lalu, hal itu tidak akan dapat mengubahnya.

Melakukan hal tersebut boleh-boleh saja, namun bukan untuk hanya dikenang dan lantas terlarut dalam kesedihan serta penyesalan tak berujung. Lebih baik belajar dari mereka dan mencoba untuk tidak mengulanginya di masa depan.

2. Orang yang salah adalah bagian tak terpisahkan dari kehidupan

Jika kenangan buruk masa lalu yang menghantuimu adalah urusan asmara dan statusmu disini adalah sebagai korban atau pihak yang tersakiti, sudah waktunya untuk melupakan dan memaafkan mereka!

Apabila seseorang mulai mencoba untuk memaafkan orang lain (dan juga diri anda sendiri tentunya), maka kamu akan cenderung mudah melupakannya.

Kuncinya jangan terlalu fokus terhadap apa yang telah mereka lakukan terhadap Anda, namun pikirkan tentang bagaimana Anda memperoleh pengalaman dan ‘diselamatkan’ pada waktu yang tepat.

Cobalah untuk fokus pada orang-orang baik yang telah Anda peroleh yang masih berada di sekitarmu.

3. Meditasi

Meditasi adalah cara terbaik untuk berdamai dengan apa pun yang mengganggumu. Jika telah berusaha melakukan 2 langkah sebelumnya dan rasanya tak kunjung mendapatkan healing, segera lakukan metode terapi ini.

Jadi, luangkan waktu dari jadwal sibuk Anda dan berlatih meditasi. Ini akan membantu Anda tetap tenang dan akan membunuh semua penyesalan yang Anda miliki serta menetralisir pikiran dan aura negatif di tubuh.

4. Tulis dan Lupakan!

Terkadang tidak semua hal dapat terucap atau terungkapkan oleh lisan. Maka apabila kamu merasa tidak nyaman untuk membagikannya dengan orang lain alias curhat, menjadikan buku harian sebagai sahabat yang membantu dalam jangka panjang.

Menuliskan pikiran dipercaya mampu membantu menghilangkan stres. Namun jangan terus membacanya dan merasa tidak enak, akan tetapi tulis dan lupakan!

5. Deep talk by myself

Saat ada masalah, curhat kepada orang terdekat dan terpercaya atau melalui buku diary pribadi seperti pada tips yang telah disebutkan sebelumnya kerap menjadi pilihan. Namun, pernahkah anda mencoba ‘curhat’ dalam keheningan dan berbicara pada diri sendiri?

Jangan merasa malu karenanya! Jadilah terapismu sendiri dan bicarakan jalan keluarnya atau deep talk by myself. Katakan pada diri sendiri bahwa tidak apa-apa untuk membuat kesalahan dan tidak ada orang yang sempurna.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini