Share

Tak Cuma Hilangkan Ketombe, Kenali 5 Manfaat Zinc bagi Tubuh

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Kamis 09 Desember 2021 00:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 09 481 2514135 tak-cuma-hilangkan-ketombe-kenali-5-manfaat-zinc-bagi-tubuh-DwnqDm4wh5.jpg Ilustrasi. (Foto: Insider)

ZINC dinilai mampu menjaga sistem kekebalan tubuh yang diperoleh dari suplemen. Apa saja manfaat zinc ini?

Menjaga tubuh dari berbagai gangguan kesehatan tidak cukup hanya dengan mengonsumsi makanan sehari-hari. Untuk mendapat tubuh yang sehat, prima dan penuh vitalitas, diperlukan suplemen kesehatan seperti vitamin dan zinc.

Zinc merupakan mineral penting yang terlibat dalam produksi sel-sel kekebalan tubuh. Jika Anda kekurangan zinc dapat menyebabkan melemahnya respon imun tubuh. Maka Anda dianjutkan untuk mengonsumsi suplemen zinc untuk merangsang sel kekebalan tertentu dan mampu mengurangi stres oksidatif.

Lebih lanjut dikutip dari Tomo Kenko, berikut 5 manfaat zinc yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga: Kenapa Vitamin C, D, dan Zinc Banyak Diresepkan untuk Pasien Covid-19?

Menjaga daya tahan tubuh

Kebutuhan vitamin dan zinc adalah dua hal yang mesti menjadi perhatian agar terbangunnya daya tahan tubuh yang lebih tangguh dari berbagai serangan penyakit. Jika daya tahan tubuh kuat, maka aktivitas tak akan terganggu. Untuk mendapatkan kebutuhan zinc dan vitamin ini bisa dengan mengonsumsi suplemen dalam bentuk kaplet maupun tablet selaput.

Menjaga penuaan kulit

Mengonsumsi suplemen vitamin C tak hanya berkhasiat memelihara daya tahan tubuh. Project Director BPC Abram Bahar mengatakan, zinc juga mampu menghambat penuaan kulit dan memperbaiki produksi kolagen.

"Kadar antioksidan yang terkandung di dalamnya membantu sel tubuh melawan radikal bebas dan membantu tubuh dalam memproduksi kolagen, sehingga kulit menjadi lebih awet muda," kata Abram.

Melawan penyakit mata

Manfaat lain dari zinc yang juga dikombinasi dengan vitamin C yakni membantu melawan penyakit mata Age-related macular degeneration (AMD). Hal ini juga perlu diperhatikan agar di masa tua Anda tak mengalami penyakit mata serius yang bisa mengganggu aktivitas.

Mempercepat penyembuhan luka

Zinc juga bermanfaat besar untuk membantu penyembuhan luka dan membantu mempercepat pertumbuhan sel. Karena itu, saat Anda menjalani operasi ataupun mengalami luka, dokter akan memberikan suplemen yang kaya zinc atau dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung zinc.

Mencegah jerawat

Mengonsumsi suplemen atau makanan yang mengandung tinggi zinc dapat membantu mengurangi peradangan dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Selain dari suplemen, makanan yang mengandung zinc antara lain seafood, ikan, daging, ayam, serta kacang-kacangan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini