Viral Munculnya Omicron Disebut Sudah Dijadwalkan WHO, Begini Faktanya!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 09 Desember 2021 15:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 09 481 2514415 viral-munculnya-omicron-disebut-sudah-dijadwalkan-who-begini-faktanya-B3OvIGaycx.jpg Ilustrasi (Foto : Medicaldaily)

MEDIA sosial dihebohkan dengan informasi tengan varian Omicron yang tengah menjadi pusat perhatian negara-negara di dunia. Informasi tersebut mengklaim, muncurlnya Omicron telah dijadwalkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), John Hopkin University, dan World Economic Forum.

Dalam informasi tersebut juga menampilkan daftar tabel nama-nama varian corona dan jadwal peluncuran berbahasa Spanyol. Terdapat pula tanda biru yang diarahkan ke tabel abjad Omicron dengan keterangan Mei 2022.

Cek Fakta

Merangkum dari laman Instagram resmi Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), @lawancovid19_id, Kamis (9/12/2021), kepala komunikasi di World Economic Forum, Peter Vanham, mengatakan bahkan dokumen tersebut palsu.

Baca Juga : Alat Rapid Test Berlabel Positif dan Negatif Sudah Dimuat Virus, Benarkah?

Cek Fakta

Baca Juga : Viral Poster Film 1963 Disebut Bukti Omicron Rekayasa, Ini Faktanya!

Dokumen tersebut tidak ada hubungannya dengan Forum Ekonomi Dunia. Juru Bicara Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), juga mengonfirmasi bahwa dokumen tersebut bukan dokumen milik WHO. Selain itu tanggal ditemukannya varian baru Covid-19 dalam tabel tersebut tidak akurat.

Misalnya varian Delta yang disebutkan diluncurkan pada Juni 2021. Padahal ditemukan pertama kali di India pada Oktober 2020. Varian Omicron sendiri tertulis Mei 2022, padahal telah teridentifikasi di Afrika Selatan pada 24 November 2021.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini