Share

Kenapa Kucing Suka Makanan Gratis? Penelitian Ungkap Jawabannya

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Jum'at 10 Desember 2021 05:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 09 612 2514640 kenapa-kucing-suka-makanan-gratis-penelitian-ungkap-jawabannya-iXTnrIn0fK.jpeg Ilustrasi (Foto : Yahoo)

TAK hanya manusia, ternyata kucing juga suka makanan gratis lho. Kira-kira apa ya alasan ilmiahnya? Berdasarkan studi yang diterbitkan di jurnal Animal Cognition, para peneliti dari School of Veterinary Medicine di University of California mengatakan, kucing lebih senang mendapatkan makanan secara gratis daripada harus bekerja untuk memperoleh makanan.

Mungkin hal itu tampak tak masuk akal bagi sebagian orang. Namun, para peneliti mengatakan bahwa hasilnya memang mengejutkan. Pasalnya, banyak hewan peliharaan yang justru menikmati saat diminta tuannya melakukan tugas tertentu untuk mendapatkan makanan. Hal ini disebut dengan contrafreeloading.

Kucing

Dalam studi ini, para peneliti melibatkan 17 ekor kucing peliharaan. Mereka memberikan kucing-kucing itu nampan berisi makanan yang mudah diakses dan food puzzle yang harus kucing-kucing itu pecahkan. Jika mereka berhasil merangkai puzzle itu, mereka akan mendapatkan imbalan berupa makanan dari para peneliti.

Baca Juga : 3 Tanda dari Allah Ta'ala ketika Anda Tiba-Tiba Didekati Kucing

Baca Juga : Tentara Ini Rela Beri Napas Buatan demi Selamatkan Kucing Terjebak Letusan Gunung Berapi

Namun ternyata, sebagian besar kucing lebih memilih nampan berisi makanan yang bisa diperoleh tanpa usaha. Bahkan kucing yang sudah berpengalaman bermain food puzzle pun turut memilih nampan tersebut.

"Ada banyak penelitian yang menunjukkan sebagian besar spesies termasuk burung, tikus, serigala, primata, bahkan jerapah lebih suka 'bekerja' untuk mendapatkan makanan," ujar Mikel Delgado, ahli perilaku kucing dan afiliasi penelitian di UC Davis School of Veterinary Medicine, dikutip dari Martha Stewart pada Kamis (9/12/2021).

"Bukannya kucing tidak pernah menggunakan puzzle makanan, tetapi kucing lebih banyak makan makanan dari nampan, menghabiskan lebih banyak waktu di nampan, dan lebih banyak memilih nampan sebagai pilihan pertama mereka untuk didekati daripada puzzle," tambahnya.

Delgado dan rekan penulisnya, Melissa Bain dan Brandon Han tidak percaya bahwa kemalasan menjadi penyebab kucing tak mau berusaha untuk mendapatkan makanan. Sebab, para peneliti sudah memantau semua tingkat aktivitas kucing dalam studi tersebut.

Pasalnya, kucing yang paling aktif pun juga memilih sumber makanan yang lebih mudah didapat daripada harus usaha. Tidak diketahui mengapa kucing cenderung memilih makanan gratis (freeloading) daripada berusaha untuk mendapatkan makanan (contrafreeloading).

Para peneliti hanya meyakini bahwa jenis food puzzle yang digunakan dapat memengaruhi hasil studi ini. Menurut mereka, teka-teki makanan tersebut tidak mengadopsi perilaku berburu alami yang dimiliki kucing.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini