Share

5 Menu Sarapan yang Bisa Lunturkan Lemak Perut, Wajib Dicoba Nih!

Wilda Fajriah, Okezone · Jum'at 10 Desember 2021 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 10 298 2515110 5-menu-sarapan-yang-bisa-lunturkan-lemak-perut-wajib-dicoba-nih-Uenip3aQvG.jpeg Menu sarapan yang bisa lunturkan lemak (Foto: Boldsky)

MENU sarapan yang bisa lunturkan lemak perut bisa Anda masukkan dalam program diet penurunan berat badan. Ingat, sarapan adalah waktu terpenting saat menjalani diet penurunan berat badan, sehingga tak boleh dilewatkan. 

Sarapan itu sangat penting karena dibutuhkan tubuh kita untuk membantu menjalankan aktivitas di hari itu. Karenanya, agar Anda tidak lagi takut untuk menyantap makanan di pagi hari, Anda harus mensiasatinya dengan memilih menu yang tepat. Jadi, menu sarapan yang dipilih pun tak boleh sembarangan agar hasil penurunan berat badan maksimal. 

Melansir laman Healthline pada Jumat (10/12/2021), berikut adalah 5 rekomendasi menu sarapan sehat yang bisa membantu melunturkan lemak Anda. Dengan demikian, Anda pun bisa menikmati menu sarapan sepenuhnya tanpa khawatir berat badan akan naik. Asal, dikonsumsinya hanya dalam jumlah yang tepat ya, dan jangan terlalu banyak.

Oatmeal

Menu Sarapan yang Bisa Lunturkan Lemak Perut

(Menu Sarapan yang Bisa Lunturkan Lemak Perut, Foto: Boldsky)

Oatmeal adalah pilihan sarapan yang sehat dan lezat, terutama jika Anda ingin menurunkan berat badan. Oat rendah kalori tetapi tinggi serat dan protein. Dua nutrisi ini akan memengaruhi nafsu makan dan mengendalikan berat badan.

Secara khusus, gandum adalah sumber beta-glukan yang sangat baik, sejenis serat yang terbukti memengaruhi segala hal mulai dari fungsi kekebalan hingga kesehatan jantung. Penelitian menunjukkan bahwa beta-glukan dapat menyeimbangkan kadar gula darah, bekerja untuk mencegah lonjakan dan gangguan yang dapat meningkatkan nafsu makan Anda.

Baca Juga : Menu Sarapan Praktis, Intip Cara Membuat Sandwich Ayam Lezat!

Biji Chia

Kecil tapi kuat, biji chia adalah suplemen sarapan yang sangat baik. Mereka tinggi serat dan dapat menyerap air untuk membentuk gel, yang mengembang di perut Anda untuk membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Mereka juga kaya akan protein, yang dapat memperlambat pengosongan perut dan mengurangi kadar ghrelin, hormon yang bertanggung jawab untuk merangsang rasa lapar.

Satu studi pada 11 orang dewasa menemukan bahwa makan biji chia yang dipanggang menjadi roti putih mengurangi nafsu makan dan kadar gula darah. Biji chia juga menjadi tambahan yang lezat dan bergizi untuk teh, smoothie, atau oat yang didiamkan semalaman.

Baca Juga : Resep Salad Sayur Saus Mayo untuk Menu Sarapan, Sehat dan Praktis!

Smoothie

Smoothie tidak hanya merupakan cara cepat dan mudah untuk mendapatkan dosis nutrisi yang terkonsentrasi, tetapi juga berfungsi ganda sebagai sarapan yang nyaman yang dapat mempercepat penurunan berat badan. Karena Anda dapat menyesuaikan bahan-bahan, Anda dapat menyesuaikan minuman Anda agar sesuai dengan preferensi pribadi Anda.

Mengisi smoothie Anda dengan sayuran dan buah-buahan rendah kalori dapat meningkatkan asupan serat untuk membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Masukkan beberapa bahan berprotein tinggi seperti kacang-kacangan, biji-bijian atau bubuk protein untuk meningkatkan perasaan kenyang dan melawan keinginan mengidam.

Namun, perlu diingat bahwa smoothie dapat dengan cepat berubah menjadi bom kalori jika Anda mengonsumsi bahan berkalori tinggi secara berlebihan. Untuk smoothie penurunan berat badan yang mudah, campurkan satu cangkir (240 ml) susu dengan segenggam sayuran hijau, dua sendok makan (28 gram) biji chia, dan satu cangkir (144 gram) stroberi.

Pisang

Tinggi serat tetapi rendah kalori, pisang adalah alternatif yang bagus untuk sereal sarapan manis Anda di pagi hari. Satu buah pisang ukuran sedang memiliki lebih dari 100 kalori namun mengemas 3 gram serat makanan dan menghilangkan hingga 12% dari kebutuhan serat harian Anda dalam satu kali makan.

Serat membantu memperlambat pengosongan perut Anda untuk mengekang mengidam dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Berbagai penelitian telah menemukan bahwa meningkatkan asupan serat dari buah-buahan dan sayuran dikaitkan dengan peningkatan penurunan berat badan.

Selain itu, pisang mentah adalah sumber pati resisten yang baik, sejenis pati yang tidak dicerna oleh perut dan usus kecil Anda. Penelitian menunjukkan bahwa pati resisten dapat membantu mengurangi asupan makanan dan mengurangi lemak perut.

Pisang dapat dinikmati sendiri atau diiris sebagai topping untuk yogurt, keju cottage atau oatmeal. Anda juga bisa menambahkan pisang hijau mentah ke smoothie pagi Anda untuk mendapatkan dosis pati resisten yang hangat.

Telur

Menu Sarapan yang Bisa Lunturkan Lemak Perut

Kaya akan protein dan banyak vitamin serta mineral penting seperti selenium dan riboflavin, membuat telur adalah sumber nutrisi yang benar. Berkat kandungan proteinnya yang tinggi, telur dapat mengurangi nafsu makan saat dimakan dengan sarapan untuk memberikan dorongan yang serius untuk menurunkan berat badan.

Misalnya, satu penelitian pada 30 wanita yang kelebihan berat badan menunjukkan bahwa makan telur untuk sarapan secara signifikan meningkatkan perasaan kenyang dan mengurangi asupan makanan di kemudian hari, dibandingkan dengan makan bagel.

Demikian pula, penelitian lain pada 152 orang dewasa menemukan bahwa mengganti sarapan bagel dengan telur menghasilkan penurunan berat badan 65% lebih banyak dan penurunan lingkar pinggang 34% lebih besar selama periode delapan minggu.

Mulai dari direbus hingga orak-arik hingga disantap, ada banyak cara berbeda untuk menikmati telur Anda. Cobalah memasak dua atau tiga telur dengan gaya apa pun, lalu gabungkan dengan sajian sayuran favorit Anda, untuk sarapan yang bergizi dan lezat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini