Share

Wali Kota Bandung Meninggal karena Serangan Jantung, Kenali 4 Tipe yang Kerap Menyerang

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 10 Desember 2021 16:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 10 481 2515116 wali-kota-bandung-meninggal-karena-serangan-jantung-kenali-4-tipe-yang-kerap-menyerang-wS7PeW82lu.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

WALI Kota Bandung Oded M Danial meninggal dunia saat sholat Jumat. Oded diketahui terkena serangan jantung hingga kolaps di Masjid Mujahidin, Kota Bandung.

Saat masuk ke UGD, kondisi tubuh Oded pun sudah menunjukkan sejumlah tanda-tanda telah meninggal dunia. Meski terindikasi sudah meninggal dunia, tim medis RS Muhammadyah tetap berusaha maksimal dengan Resusitasi Jantung Paru. Namun, dalam kurun waktu 10 menit tetap tidak menunjukkan perkembangan.

Memang, penyakit jantung menjadi salah satu momok menakutkan bagi banyak orang. Apalagi, di tengah pandemi ini banyak orang cenderung diam di rumah dan tidak berolahraga. Penyakit jantung sulit untuk dilihat karena tidak memberikan gejala-gejala yang jelas.

Tidak heran jika penyakit ini kemudian dijuluki sebagai silent killer atau penyakit yang diam-diam membunuh alias mengakibatkan kematian pada manusia. Secara umum, penyakit jantung adalah kondisi yang mempengaruhi struktur atau fungsi jantung. Kebanyakan orang menganggap ketika jantung mengalami masalah maka itu adalah sakit jantung.

Penyakit jantung sendiri, terbagi dalam beberapa tipe. Beberapa jenis dapat dikelompokkan bersama menurut bagaimana penyakit ini mempengaruhi struktur atau fungsi jantung manusia. Apa saja tipe-tipe penyakit jantung? Mewarta Heartandstroke, berikut ulasan singkat empat tipe penyakit jantung.

Gagal jantung

Kondisi serius yang berkembang setelah jantung menjadi rusak atau melemah sehingga tak bisa berfungsi sebagaimana mestinya, yakni mengalirkan suplai darah ke organ tubuh.

Dua penyebab paling umum dari gagal jantung adalah serangan jantung dan tekanan darah tinggi. Gagal jantung dikatakan memang tak bisa diobati, tapi resikonya bisa dikurangi dengan menjalani gaya hidup sehat serta pengobatan.

Penyakit jantung struktural

Ini adalah kondisi ketika ada kelainan pada struktur jantung, termasuk di antarantya bagian katup, dinding, otot, atau pembuluh darah yang ada di dekat jantung. Penyakit jantung struktural bisa dialami seseorang karena faktor bawaan (dari lahir) atau setelah lahir melalui infeksi, keausan, atau faktor lainnya.

Pengidap penyakit jantung tipe ini, seringkali membutuhkan perawatan medis dan prosedur bedah yang sifatnya berkelanjutan.

CAD

Singkatan dari coronary artery disease yakni penyakit arteri dan pembuluh darah koroner yang disebabkan oleh adanya pengerasan pembuluh darah (aterosklerosis). Ini artinya, ada masalah pada pembuluh darah lain yang mengurangi aliran darah dan mempengaruhi fungsi jantung.

Penyakit arteri koroner terjadi ketika arteri di jantung mengalami penyempitan tersumbat. CAD merupakan jenis penyakit jantung yang paling umum ditemui dan menyebabkan sebagian besar serangan jantung serta angina (nyeri dada).

Aritmia

Gangguan irama jantung menyebabkan jantung berdetak terlalu lambat, terlalu cepat atau tidak teratur. Jutaan orang mengalami gangguan irama jantung yang mengganggu aliran darah ini. Aritmia sendiri hadir bisa tanpa gejala sama sekali, ada gejala atau tiba-tiba terjadi dan fatal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini