Share

Mau Turunkan Stres? Coba Konsumsi 4 Makanan Ini

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 14 Desember 2021 19:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 12 298 2515894 mau-turunkan-stres-coba-konsumsi-4-makanan-ini-ughh8LRfvH.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PANDEMI yang belum juga berakhir tentu saja memberikan tekanan bagi masyarakat. Apalagi, saat ini ada varian baru omicron yang disebut lebih menular dibandingkan lainnya.

Tentu saja, hal ini pasti memberikan tekanan pada kita yang membuat kita stres. Stres ini mungkin sudah jadi bagian hidup dari sebagian orang modern.

Namun, jika dibiarkan berkepanjangan, stres bisa memicu gangguan fungsi pencernaan, imun, hingga sistem syaraf. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meredakan stres, salah satunya melalui asupan makanan. Salah satu makanan yang efektif menurunkan stres adalah dark chocolate alias cokelat hitam yang kaya akan antioksidan.

Kandungan zat gizi dalam beberapa makanan berikut ini tak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, tetapi juga baik untuk kesehatan mental. Selain cokelat ternyata ada banyak makanan yang bisa membantu kita meredakan stres, mari simak ulasan berikut.

Teh Hijau

Teh Hijau

Minuman ini telah lama diketahui dapat memberikan perasaan rileks dan nyaman. Sebab, teh hijau mengandung senyawa theanine, yaitu asam amino yang dapat meredakan kecemasan.

Uniknya, theanine tak banyak ditemukan dalam makanan. Asam amino ini justru terkandung melimpah di dalam teh. Meski begitu,zat ini juga bisa diperoleh melalui suplemen yang telah banyak dijual dipasaran.

Sayuran Hijau

Sayuran Hijau

Sayur-sayuran berdaun hijau seperti bayam atau kale, terkenal kaya akan magnesium. Mineral ini sangat penting untuk membantu meregulasi kortisol dan sejumlah studi menunjukkan bahwa orang-orang dengan tingkat magnesium rendah cenderung lebih mudah stres.

Dark Chocolate

Dark Choco

Dark chocolate diketahui dapat meningkatkan mood dan memelihara kesehatan otak, sebab kandungan serat dan polifenol yang banyak terdapat di dalamnya. Penelitian membuktikan bahwa terdapat penurunan risiko depresi sebesar 57 persen pada partisipan yang rutin mengonsumsi dark chocolate sekitar 100 sampai 450 gram per hari. Selain itu, dark chocolate juga berpotensi mengurangi gejala klinis pada penderita depresi.

Oatmeal

oatmeal

Oatmeal adalah makanan lainnya yang membantu mengatur hormon stres serotonin. Oatmeal kaya akan vitamin B dan magnesium yang membantu menurunkan stres dan meningkatkan suasana hati.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini