Share

5 Bahan Alami untuk Atasi Insomnia, Mudah Dicari Kok

Hasyim Ashari, MNC Portal · Minggu 12 Desember 2021 15:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 12 612 2515817 5-bahan-alami-untuk-atasi-insomnia-mudah-dicari-kok-M3GHL8U9Vx.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KEKURANGAN tidur memang bisa membuat tubuh mengalami kendala dalam beraktivitas. Kurang tidur pun bisa membuat seseorang mengalami stres bahkan mengalami depresi.

Memang, ada beberapa orang yang terpaksa tidak tidur karena harus mengerjakan tugas dan pekerjaan mereka. Tapi, ada juga mereka yang memang kesulitan untuk beristirahat ketika malam. Nah, bagi Anda yang mengalami insomnia, ada beberapa bahan alami yang ada di rumah yang bisa digunakan untuk membantu mengatasi anemia.

Obat tidur alami umumnya dianggap lebih aman daripada obat yang dijual bebas di toko obat atau yang biasa dikenal dengan (OTC) dan obat resep. Ini karena obat alami cenderung memiliki lebih sedikit efek samping. Berikut 5 obat alami untuk mengatasi Insomnia seperti dilansir dari Stylecraze, berikut ini:

Buah Kiwi

Buah Kiwi merupakan salah satu buah yang kaya antioksidan yang dapat membantu mengurangi stress pada otak yang menjadi salah satu faktor penyebab seseorang sulit untuk tidur. Selain antioksidan yang snagat tinggi, buah kiwi juga mengandung serotonin yang membantu menenangkan pikiran.

Caranya, cukup konsumsi buah kiwi secara teratur pada malam hari sebelum tidur. Lanjutkan, kebiasaan tersebut, Anda akan mulai melihat hasilnya dalam beberapa minggu.

Insomnia

Buah pisang

Buah pisang mengandung beberapa nutrisi yang bagus untuk mengatur fungsi otak dan tubuh. Termasuk diantaranya seperti potassium, magnesium, triptofan, dan vitamin.

Tak hanya bagus untuk mengatur fungsi otak dan tubuh, kandungan nutrisi dalam buah pisang juga dapat meningkatkan hormon untuk menenangkan pikiran seperti melatonin dan serotonin yang bisa mendorong untuk tidur lebih nyenyak.

Caranya, cukup rebus pisang selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, saring air rebusan pisang ke dalam cangkir dan tambahkan sejumput bubuk kayu manis. Minumlah selagi hangat. Anda juga bisa mengonsumsi pisang matang sebelum tidur.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Madu

Minum madu sebelum tidur dapat meningkatkan kinerja hati untuk memproduksi kadar glikogen yang dapat membantu seseorang tidur lebih cepat. Ketika kadar glikogen dalam tubuh turun, hormon stress yaitu kortisol bisa dapat mengganggu tidur Anda dan menyebabkan insomnia.

Caranya mudah cukup minum satu hingga dua sendok makan madu. Anda juga bisa menambahkan sejumput garam Himalaya untuk dapat bangun dengan perasaan segar dan energik.

Susu hangat

Susu mengandung tryptophan, yang merupakan nutrisi yang dapat membantu meningkatkan hormon penenang dan dapat membantu menginduksi tidur lebih nyenyak. Caranya mudah sekali, cukup panaskan satu gelas susu sebentar hingga hangat dan minum sekitar 10 hingga 15 menit sebelum tidur lakukan ini setiap malam.

Sayuran hijau

Sayuran hijau diketahui banyak mengandung serat, vitamin, magnesium, kalsium dan sebagainya. Misalnya seperti sayur bayam dan pok coy, memiliki kandungan yang kaya akan magnesium dan Vitamin B. Sehingga dengan mengonsumsi sayuran ini dapat membuat tidurmu menjadi lebih nyenyak dan pulas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini