Share

Bau Mulut Menyerang, Pakai 5 Bahan Alami untuk Berkumur

Hasyim Ashari, Jurnalis · Minggu 12 Desember 2021 17:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 12 612 2515850 bau-mulut-menyerang-pakai-5-bahan-alami-untuk-berkumur-8Fjriir9CV.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BAU mulut bisa membuat orang dijauhi orang lain, meskipun beberapa orang mungkin tidak sadar jika mulutnya bau. Bau mulut pun bisa disebabkan banyak hal, dari makanan yang kita makan hingga adanya kerusakan gigi.

Nah, untuk mengatasi bau mulut tersebut, berkumur bisa menjadi jawaban yang tepat. Tapi, tidak perlu berkumur dengan obat kumur yang mahal. Obat kumur pun bisa dibuat dengan cara yang mudah dengan bahan-bahan yang murah.

Obat kumur ini juga lebih murah dibanding obat kumur yang dijual di pasaran. Penasaran apa saja bahan-bahan yang diperlukan? Berikut 5 obat kumur alami untuk atasi bau mulut, seperti dilansir dari Stylecraze:

Soda Kue

Soda kue merupakan salah satu alternatif yang bagus untuk mengatasi permasalahan bau mulut serta membunuh bakteri penyebab bau mulut. Sifatnya yang basa dapat membantu menetralkan asam yang dihasilkan oleh bakteri mulut saat mengonsumsi minuman soda dan kafein.

Caranya mudah banget, cukup tambahkan satu sendok teh soda kue ke setengah gelas air hangat. Aduk hingga rata dan bilas mulut anda setelah atau sebelum menyikat gigi. Anda bisa melakukan ini 3 hingga 4 kali sehari.

Bau Mulut

Minyak Kelapa

Minyak kelapa dapat membantu mengurangi pembentukan plak serta gingivitis yang diproduksi oleh bakteri. Tidak hanya baik untuk kebersihan mulut Anda, tetapi juga merupakan cara yang bagus untuk mendetoksifikasi tubuh.

Caranya, kumur satu sendok makan minyak kelapa murni di dalam mulut Anda selama 10 hingga 15 menit. Lalu setelah itu, buang minyaknya dan lakukan rutinitas perawatan mulut Anda. Anda harus melakukan ini sekali sehari sebelum menyikat gigi.

Garam

Membersihkan mulut Anda dengan air garam hampir sama efektifnya dengan obat kumur yang dijual bebas lainnya yang mengandung senyawa seperti klorheksidin. Pasalnya, garam dapat membantu mengurangi plak gigi serta jumlah mikroba di rongga mulut.

Tambahkan setengah sendok teh garam ke setengah gelas air hangat. Aduk rata dan berkumur dalam mulut Anda menggunakan campuran tersebut. Anda dapat melakukan ini 2 hingga 3 kali sehari setelah makan.

Jus lidah buaya

Obat kumur berikutnya adalah lidah buaya yang sangat efektif dalam mengurangi indeks periodontal. Selain itu, jus lidah buaya juga dapat membantu mengurangi perdarahan gingiva dan plak.

Campurkan setengah cangkir jus lidah buaya dengan setengah cangkir air. Lalu, berkumur dalam mulut Anda menggunakan campuran ini setelah menyikat gigi.

Minyak esensial kayu manis

Minyak esensial kayu manis merupakan obat kumur alami sebagai antibakteri dan efektif dalam pengobatan karies gigi disebabkan oleh bakteri dari sisa makanan digigi yang menjadi penyebab bau mulut.

Tambahkan dua hingga tiga tetes minyak esensial kayu manis ke dalam secangkir air. Aduk hingga tercampur merata, gunakan campuran ini untuk berkumur. Anda dapat melakukan ini selama beberapa kali setiap hari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini