Share

3 Cara Bedakan Wasabi Asli dan Palsu, Pencinta Kuliner Jepang Wajib Tahu!

Wilda Fajriah, Okezone · Senin 13 Desember 2021 16:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 13 298 2516344 3-cara-bedakan-wasabi-asli-dan-palsu-pencinta-kuliner-jepang-wajib-tahu-WSfJtP68jZ.jpeg Cara bedakan wasabi asli dan palsu

CARA bedakan wasabi asli dan palsu, sudah tahu belum nih Okezoners pencinta kuliner Jepang? Penggemar sushi dan sashimi tentunya sudah tak asing lagi dengan wasabi.

Saus berwarna hijau dengan tekstur kental itu memiliki sensasi pedas membakar yang dapat menambah cita rasa dari suatu hidangan. Itu juga yang membuat sushi semakin enak disantap.

Namun, tahukah Anda jika wasabi yang biasanya disajikan di restoran bisa saja merupakan wasabi palsu? Ya, ini karena harga wasabi yang asli cenderung mahal bahkan terasa tidak masuk akal.

Karenanya, jika Anda ingin mengetahui apakah Anda mengonsumsi wasabi palsu atau asli, berikut adalah 3 cara membedakannya seperti dilansir dari laman Byfood pada Senin (13/12/2021).

Tekstur

Cara Bedakan Wasabi Asli dan Palsu

(Cara Bedakan Wasabi Asli dan Palsu, Foto: Byfood)

Wasabi adalah tanaman yang berasal dari Jepang. Namun, karena harganya mahal, biasanya para restoran Jepang membuat wasabi dari lobak yang berasal dari Eropa.

Jika menggunakan tanaman wasabi asli, biasanya tekstur wasabi akan lebih padat dan berpasir. Sementara itu, wasabi 'palsu' biasanya lebih kental dan halus.

Baca Juga : Deretan Manfaat Kesehatan Wasabi, Bisa Cegah Kanker Lho

Baca Juga : Enggak Cuma Pedas, Wasabi Juga Punya 6 Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

Rasa

Cara Bedakan Wasabi Asli dan Palsu

(Cara Bedakan Wasabi Asli dan Palsu, Foto: Byfood)

Wasabi yang asli umumnya memiliki sensasi pedas yang membakar, namun tidak sepanas 'wasabi palsu' yang terbuat dari lobak pedas yang berasal dari Eropa itu.

Bila diibaratkan, saat menyantap 'wasabi palsu' tersebut, kita akan merasa lidah kita seperti diserbu oleh segerombol pasukan api. Berbeda dengan wasabi asli yang rasanya lebih lembut, dan terdapat sedikit rasa buah di dalamnya.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

Harga

Cara Bedakan Wasabi Asli dan Palsu

(Cara Bedakan Wasabi Asli dan Palsu, Foto: Byfood)

Karena tanaman ini hanya asli Jepang, wasabi adalah salah satu tanaman termahal di dunia. Inilah sebabnya mengapa banyak orang di luar Jepang mungkin belum pernah mencicipi wasabi asli sebelumnya!

Wasabi asli sangat mahal karena tanaman wasabi terkenal sulit tumbuh dan membutuhkan kondisi yang sangat spesifik. Di Jepang, wasabi tumbuh secara alami di daerah yang memiliki lembah sungai pegunungan dimana tanaman wasabi ini dapat tumbuh secara alami di sepanjang dasar aliran sungai.

Lingkungan tumbuh yang sangat spesifik ini sangat langka, dan tanaman wasabi membutuhkan batangnya untuk terendam sebagian dalam air mengalir, menambah tingkat kerumitan lain dalam prosesnya.

Cara Bedakan Wasabi Asli dan Palsu

(Cara Bedakan Wasabi Asli dan Palsu, Foto: Byfood)

Tanpa mengalirkan aliran sungai di lembah sungai pegunungan Jepang, membudidayakan tanaman wasabi pada tingkat komersial sangat menantang, dan dengan demikian membuatnya menjadi tanaman yang mahal untuk ditanam.

Proses budidaya yang sangat rumit tersebut membuat tanaman wasabi dibanderol dengan harga yang cukup tinggi, sebesar USD80 hingga USD100 atau setara dengan Rp1,1 juta hingga Rp1,4 juta per onsnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini