Share

5 Makanan Khas Natal dari Italia hingga Jamaika, Indonesia Apa?

Tim Okezone, Okezone · Rabu 15 Desember 2021 20:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 13 298 2516438 5-makanan-khas-natal-dari-italia-hingga-jamaika-indonesia-apa-zRuDBk9RFm.jpg Kue Natal. (Foto: Highend)

MOMEN Natal biasanya menjadi saat di mana seseorang akan berkumpul bersama keluarga mereka, merayakan kebersamaan di akhir tahun. Tradisi natal ini pun berbeda di berbagai daerah di dunia.

Salah satu yang paling membedakan antara negara satu dengan yang lainnya adalah makanan yang dihidangkan. Perayaan seperti hari natal menjadi perayaan besar terakhir sebelum masuk ke tahun 2022.

Makan malam bersama keluarga pada Christmas Eve menjadi lengkap dengan kuliner lezat khas natal. Kali ini HighEnd akan perkenalkan kuliner khas natal dari berbagai belahan dunia bagi Anda. Check it out!

Feast of Seven Fishes - Italia

Kue Natal

Merupakan tradisi Italia-Ameria yang dirayakan pada malam natal, feast of seven fishes merupakan tradisi puasa daging dan hanya makan ikan hingga hari natal tiba. Tradisi ini menyajikan 7 hidangan makanan laut yang berbeda. Tidak ada penjelasan umum mengapa harus 7 hidangan tetapi sering dikaitkan dengan 7 sakramen gereja Katolik.

Gingerbread

Kue Natal

Gingerbread atau kue sari jahe adalah kue khas natal tertua di dunia yang diperkirakan telah ada bahkan 2.400 tahun sebelum masehi. Awalnya kue ini terbuat dari sari jahe, namun terjadi pergeseran makna setelah menyebar ke belahan dunia lain.

Di Eropa misalnya, kue ini diartikan sebagai roti rempah. Hal ini juga mempengaruhi tekstur kue jahe, seperti di Jerman teksturnya keras sementara di Inggris teksturnya lembut.

Klapertart - Indonesia

Kue Natal

Meski tidak secara pasti merupakan makanan khas natal, makanan khas Manado ini sering disajikan pada perayaan besar, termasuk ketika natal. Dikenal juga dengan pie kelapa, klapertart sebenarnya hasil campuran budaya Indonesia dan Belanda karena menggunakan rum dalam proses memasak.

Sup Avgolemono - Yunani

Kue Natal

Terbuat dari campuran bahan tidak biasa yaitu kuning telur, sari lemon dan kaldu ayam, sup ayam avgolemono adalah hidangan yang terkenal di wilayah Eropa, Yunani, dan timur tengah. Hidangan hangat ini menjadi makanan wajib musim dingin, terlebih saat bersama keluarga merayakan malam natal.

Black Rum Cake - Jamaika

Kue Natal

Black rum cake adalah hidangan penutup khas natal yang terkenal di wilayah kepulauan Karibia dan sekitarnya. Beberapa bahan utama kue ini adalah buah-buahan yang telah diawetkan seperti ceri, rum, dan karamel gula merah yang menjadi pemanis sekaligus pewarna utama kue tersebut.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini