Share

Lionel Messi Terserang Flu Perut, Ini Gejala dan Penyebab Penyakitnya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 13 Desember 2021 11:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 13 481 2516139 lionel-messi-terserang-flu-perut-ini-gejala-dan-penyebab-penyakitnya-orETMuLUEE.jpeg Lionel Messi (Foto: Reuters)

LIONEL Messi mengalami sakit flu perut atau dalam istilah medis disebut gastroenteristis. Penyakit tersebut yang membuat La Pulga sempat absen dari latihan sebelum pertandingan Paris Saint-Germain (PSG) vs Nice, beberapa waktu lalu.

Flu perut yang dialami Lionel Messi sendiri dapat dialami oleh siapapun. Penyakit itu diterangkan Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Jeff Aloys merupakan peradangan atau iritasi pada usus yang ternyata bisa sembuh sendiri. Namun, pasien perlu mendapat pertolongan dokter jika kondisi kesehatan semakin buruk.

Flu Perut

"Penyakit flu perut bahkan bisa mematikan jika daya tahan tubuh melemah," kata dr Jeff Aloys dalam paparannya di unggahan Instagram @drjeffaloys, belum lama ini.

Baca Juga : Idap Flu Perut, Rapper Jessi Masuk Rumah Sakit

Lantas, apa gejala dari flu perut, apakah sama dengan flu biasa?

Flu Perut

Baca Juga : Terserang Flu Perut, Yerin GFRIEND Dilarikan ke Rumah Sakit

Dokter Jeff Aloys menerangkan bahwa flu perut dengan flu biasa, influenza misalnya, itu memiliki gejala yang berbeda. Ini juga karena letak virus menyerang tubuh yang berbeda antara flu perut dengan flu pada area pernapasan.

Gejala flu perut dijelaskan dr Jeff antara lain diare dengan atau tanpa lendir atau darah, nyeri dan kram perut, mual atau muntah, nyeri otot atau sakit kepala, dan demam ringan.

Penyebabnya apa?

Flu Perut

Menurut penuturan dr Jeff, penyebab flu perut dibagi menjadi dua; berefek non infeksi dan infeksi. Pada situasi flu perut yang menyebabkan non infeksi penyebabnya adalah alergi terhadap makanan, efek samping obat, keracunan. Sementara penyebab flu perut yang membuat infeksi antara lain virus (Norovirus, Rotavirus), bakteri (Staphylococcus, Salmonella, Shigela, E.coli), parasit (Giardia, Cryptosporidium, dan Entamoeba).

Dokter Jeff juga menjelaskan kondisi flu perut yang memerlukan penanganan dokter lebih serius. Kalau gejala serius ini muncul, ia menyarankan untuk segera bertemu dokter. Apa saja gejala perburukan tersebut?

"Diare tidak berhenti dalam 24 jam, muntah lebih dari 2 hari, makanan sulit masuk, lemas, muntah darah, dehidrasi, keluar darah atau kehitaman saat buang air besar, dan demam di atas 40 derajat celsius," terang dr Jeff Aloys.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini