Share

Belum Temukan Omicron Masuk Indonesia, Menkes: Semua Masih Varian Delta

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Okezone · Selasa 14 Desember 2021 02:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 13 612 2516431 belum-temukan-omicron-masuk-indonesia-menkes-semua-masih-varian-delta-eR03j8h8m4.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

VARIAN baru Covid-19 dengan kode B.1.1.529 atau yang lebih dikenal Omicron memang telah membuat banyak negara mengalami lonjakan kasus Covid-19. Namun, varian ini diyakini belum masuk ke Indonesia, meskipun sempat beredar kabar bahwa ada 4 orang terpapar varian Omicron beberapa pekan lalu.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memastikan bahwa saat ini pemerintah telah menjaga pintu masuk menuju Indonesia dengan sangat ketat untuk mencegah masuknya varian Omicron sejak diumumkan menjadi Varian of Concern (VOC) oleh WHO.

"Pintu masuk udara paling besar masuknya lewat Cengkareng. Dalam dua minggu terakhir, Soekarno Hatta itu masuk 33 ribu penumpang. Kita sudah tes PCR, 98 orang positif dan 98 orang tersebut kita genome sequencing sampai sekarang hasilnya masih Delta," kata Menkes Budi dalam penjelasannya.

Menkes Budi Melanjutkan untuk pintu masuk laut, paling banyak masuk dari Pelabuhan Batam. Dalam 2 minggu terakhir ada 3.500 penumpang yang masuk ke Indonesia dari luar negeri. Pemerintah telah melakukan tes dan hasilnya 53 orang positif dan semuanya di genome sequencing dan yang keluar hasilnya masih varian Delta.

"Untuk jalur darat paling banyak masuk dari Entikong, dua minggu terakhir masuk sekira 2.000 penumpang. Kita tes PCR semuanya dan sebanyak 37 orang dinyatakan positif dan sampai sekarang hasil genome sequencing semuanya juga masih varian Delta," kata dia.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menegaskan, Warga Negara Indonesia (WNI) diimbau untuk tidak bepergian ke luar negeri jika tidak memiliki kepentingan mendesak. Larangan itu menyusul meningkatnya Covid-19 varian Omicron.

Menurut Retno, saat ini sudah lebih dari 70 negara yang mendeteksi Omicron. Bahkan, Inggris telah meningkatkan level kewaspadaan Covid-19 dari level 3 menjadi level 4 pasca penambahan 1.239 kasus varian Omicron pada 12 Desember yang berarti dua kali lipat dari 11 Desember.

Retno mengatakan, WHO telah memberikan update mengenai Omicron pada 12 Desember yang menyebutkan bukti masih sangat terbatas dan ahli masih terus bekerja untuk dapat betul-betul menemukan kecepatan penularan, dampak terhadap hospitalisasi, security, dampak efektivitas vaksin, serta data-data lain yang diperlukan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini