Share

Dua Dosis Vaksin Covid-19 Kurang Ampuh Cegah Omicron, Benarkah?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 14 Desember 2021 09:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 14 481 2516591 dua-dosis-vaksin-covid-19-kurang-ampuh-cegah-omicron-benarkah-oG5P25sFsq.jpeg Ilustrasi (Foto : Medicaldaily)

OMICRON jadi salah satu ancaman serius di tengah pandemi Covid-19. Meski begitu, varian Delta masih menjadi masalah utama di seluruh dunia.

Penelitian mengenai varian Omicron pun terus dilakukan, salah satu temuan terbaru mengungkapkan bahwa dua dosis vaksin Covid-19 kurang kuat melindungi tubuh dari paparan Omicron.

"Kemungkinan terjadinya infeksi Omicron tetap terjadi pada mereka yang sebelumnya sudah pernah terpapar Covid-19 atau yang sudah divaksin dua dosis," kata peneliti Oxford University Inggris, dikutip MNC Portal dari Reuters, Selasa (14/12/2021).

Omicron

Tingkat perlindungan lemah karena diketahui dua dosis vaksin tidak menginduksi antibodi penetral yang cukup untuk melawan varian Omicron. Vaksin yang diuji dalam penelitian ini adalah vaksin AstraZeneca dan Pfizer.

Baca Juga : 6 Fakta Varian Omicron Terbaru dari WHO

Diketahui, peneliti Oxford menguji sampel darah dari peserta yang sebelumnya diberikan dosis vaksin AstraZeneca dan Pfizer.

Baca Juga : Belum Temukan Omicron Masuk Indonesia, Menkes: Semua Masih Varian Delta

Dijelaskan peneliti dalam studi ini bahwa meskipun antibodi penetral tidak cukup kuat melawan Omicron, belum ada bukti yang menjelaskan bahwa efek dari itu membuat seseorang yang terpapar Omicron akan sakit parah hingga membutuhkan perawatan rumah sakit, bahkan kematian.

"Informasi ini penting, namun belum bisa jadi kesimpulan seutuhnya. Sebab, kami hanya melihat antibodi penawar setelah dosis kedua. Soal kekebalan seluler belum ada hasil karena baru akan diujikan," kata Matthew Snape, profesor Oxford University yang terlibat dalam penelitian ini.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini